DBSK / TXVQ V.S Super Junior (SuJu)

Nyuu~ kali ini saya mau sedikit komen soal SuJu dan DBSK. “produk” dari SM town, Korsel, ini memang sangat laris bak kacang goreng. Penggemarnya juga banyak banget. Di seluruh dunia ada. Kebetulan, saya bukan penggemar fanatik mereka (SuJu maupun DBSK); malah bisa dibilang, saya tuh tipe orang yang susah banget buat bisa suka dengan sebuah band. Tetapi saya sedikit mengamati soal mereka ini dari tingkah laku teman-teman saya yang kebetulan suka SuJu(teman sekelas) ataupun DBSK (teman les). (iya deh, resiko saya cuma satu: dikerocoki para SuJu mania ataupun DBSK)

DBSK, berdasarkan pengamatan saya dan pendapat orang…:

  • Personil cuma 5 orang (jadi para penggemar pemula dapat dengan mudah menghafal semua personil DBSK)
  • Mereka lebih berpengalaman dalam dunia hiburan.
  • Lagunya juga easy listen. Tapi yah, favorit saya di DBSK sih Rising Sun~Japanese Version~..wehehehe
  • Para penggemar DBSK, tampaknya memang lebih dewasa.
  • Kata teman saya yang maniak SuJu, anak DBSK itu sombong, trus smuanya udah kena yang namanya: Operasi Plastik.. (well, kalo mau protes, jangan ke saya. Ini kan kata orang).*tapi saya belum menemukan bukti sih :p* dan jelek. *err. . . . . . jangan marah dulu. Saya kan cuma nulis pendapat orang… *
  • Tapi kata teman saya yang doyan DBSK, DBSK is better than Suju.
  • Ciri Khas, wajahnya CANTIK dan tipe suaranya tinggi, hampir sama kayak cewek. (saya aja kalah,karena tipe suara saya rendah)

SuJu, berdasarkan pengamatan saya dan pendapat orang

  • Buat para penggemar bishonen, memang pantas kalau suka dengan ini. Dengan 13 orang, wajah cantik, masih belum puas?
  • Mulai berkarir sejak 2005. Kalo saya ga salah sih, DBSK tuh lebih tua 2 tahun daripada SuJu
  • Lagunya enak, tapi anehnya saya tidak terlalu berniat dengan SuJu, walaupun temen sekelas sedang tertular virus SuJu :p; favorit di Suju: Sorry, Sorry @_@
  • 13 orang, pusing ngebedainnya, walaupun tiap personilnya punya suara dan wajah yang khas.
  • Para penggemar SuJu itu kalau kata saya LEBAI! Buset..
  • Kata teman saya yang maniak DBSK, SuJu itu lebih cocok buat anak remaja yang masih suka ‘ngeceng’ cowok bishonen dan cuma liat tampilan luar(dan setelah saya mengamati, pernyataan ini hampir 100% tepat. Karena banyak banget teman-teman di kelas karena lihat wajah cantik mereka dan perform mereka saat ngedance). Intinya: Suju itu ga ada apa-apa, kalau kata dia.
  • Tapi kata teman saya yang doyan SuJu, SuJu itu paling bagus, ga pernah orerasi plastik, ramah, …errr, apalagi ya.. orang suju katanya ramah.. well, I don’t think anything about this statement.
  • Sama kayak DBSK, wajahnya CANTIK dan tipe suaranya tinggi, hampir sama kayak cewek.

     

    Krik..krik.. maap yan kalau saya menyinggung perasaan kalian, hai penggemar DBSK dan Suju.. saya nulis artikel ini karena tampaknya menarik buat dibahas 😀

*DBSK: Dong Bang Shin Ki; sebutan lain : TVXQ, tohoshinki

*SuJu: Super Junior

12 thoughts on “DBSK / TXVQ V.S Super Junior (SuJu)

  1. Woo, saya penggemar berat DBSK =)) Dan nggak (belum) suka SuJu.
    Iya memang, lagu2nya DBSK tuh emang easy listening, kalau SuJu, kayaknya tuh cuma ngandelin wajah doang gitu, lagian mereka masih imut2, iya dah bener2 cocok buat dikecengin sama anak muda.. Dan menurutku tuh SuJu masih belum 'matang'
    Kalo DBSK kan udah pada dewasa, berotot dan seksi dan maskulin aah *mimisan seember*
    Saya liat sendiri di Wikipedia juga, kalo kualitas suara emang bagusan DBSK daripada SuJu =)

    Eh maap kalo nyinggung, hehehe

    DBSK JJANG!

  2. Hai…
    Aku juga anak cassiopeia, tapi aku juga anak ELF, dan anak SHINee world juga. Hahaha… merangkap jadinya…
    Gini sih kalo menurut aku, tiap band itu punya kelebihan dan kekurangan masing2.. Jadi kamu bilang aja ke temen2 sekelas kamu ato temen les kamu kalo basically semua boyband bentukan SM itu bagus.

    Kalo ngeliat secara terbuka, keliatan banget kan kualitas DBSK memang jauh lebih bagus daripada Suju. Keliatan dari live performance mereka. DBSK tampil live dan suaranya ga goyang. Sedangkan Suju masih sering lip-sync dan kalo live masih suka ngos ngosan dan jelas itu ketara banget.

    Cuma bukan berarti aku jelek2in Suju, karena semua harus akuin bahwa suara Yesung, Kyuhyun, dan Ryeowook itu bibit unggul banget. Suara Yesung menurut aku mirip suara Shin Hye SUng. Mantep dah.. Kalo di DBSK, jelas suara Jaejoong ga ada yang ngalahin..

    Kalo masalah plastic surgery, asal kamu tau, semua artist SM Entertainment yang udah terbentuk sampai saat ini, itu operasi plastik semua. Ga ada yang terlewatkan dah. Bahkan SHINee yang masih seumur jagung itu juga oplas. SuJu oplas juga, cuma emang ga parah.. Misalnya ada yang oplas hidung aja, gitu2. Tapi semuanya oplas. jadi ga usa percaya deh kalo ada yang bilang Suju ga oplas. Semua oplas. DBSK, Suju, CSJH, SNSD, semuanya… Jadi kita terima aja udah jadinya begini, ya udah.. Toh apa ruginya sih mreka oplas? Mreka kan mau fansnya suka ama mereka. Jadi kalo menurut aku, ya uda sih… terima aja..

    Kalo melihat perbedaan mencolok antara Suju n DBSK, jelas dari perilakunya lah… DBSK jauh lebih dewasa walaupun umurnya lebih muda dari SUJU. Suju lebih kekanak2an. Eeteuk itu kurang konyol apa sih,,, jadi ya gitu deh..

    Oh ya, di kolom Suju, kamu ada bahas tentang fans Suju kan?? ELF kan?? Hahaha… Sabarlah temanku… Semua fans boyband Korea tu lebay banget emang.. uda gitu keterlaluan juga. Ga cuma ELF kok. Cassiopeia juga pada lebay.. Justru ELF tu mulai bertambah lebay sejak mreka ngerasa kekuasaan mreka kalah ama anak Cassiopeia.. Secara jumlah Cassie (fanclub DBSK) kan ampe masuk rekor dunia. Menurut aku itu suatu yang hebat banget.

    Basically aku ga pernah mau ngehakimin sih mana yang lebih bagus.. Berhubung mreka SM Entertainment dan aku penggemar SM, jadi aku akan ngedukung semua anak2 alias produk2 SM ENtertainment. Hahahaha… Itu aja dari aku. Maaf kalo ada salah kata..
    _______________________________________

    oh ya, kamu ada FB? add aku dong di heimdall_with_dbsk@yahoo.com.sg

  3. E.L.F (fans suju) bukannya lebai,,
    pii mreka tu loyal ma suju,,
    krena suju tu boyband yg gag skedae jual tampang pii jga pnya kualitas,,

    suju jg terkenal ramah n menghargai banget yang namanya fans,,

    dengrin deh lagu” suju,,
    enak kok buat di denger,,
    pa lagi sujuH yang lagunya cooking cooking ma pajama party,,

  4. kalo aku sich..kebetulan suka ama dua2nya.
    kalo menurut aku sekarang para E.L.F ikutan dewasa *meskipun sebagian beloem*
    kalo anak Cassie, aku pikir sih…

    E.L.F sama Cassie kalo di gabungin sama2 cerewetna bukan maen… *mengejek diri sendiri*

  5. kalo gw suka ama dua-duanya
    tapi lebih ke suju cos anak2nya lebay gokil, gk jaim.
    tp BTW suju kan membernya banyak yg lebih tua dari dbsk. (ex, Leeteuk, yesung, sungmin, hangeng, heechul).
    tp lucu malah dibilang gk lebih dewasa dari DBSK.
    artinya sUJU awet muda donk
    XD

    tapi tapi
    gw Cinta SuJu and DBSK
    =]
    =]

  6. untuk semuanya:
    maaf, saya baru baca komentarnya~

    makasih untuk info tambahannya. saya sendiri sebenernya BIASA AJA dengan SU-JU dan DBSK
    tapi, saya nemu celah-celah (baca: kekonyolan) yang unik buat dibahas.

    rupanya, seperti yang telah saya duga, semua anak Su-Ju udah kena oplas. ingat: tidak semua catatan diatas adalah komentar saya sendiri

    saya juga sudah mendengar lagu DBSK maupun Su-Ju. enak kok keduanya, tapi saya lebih milih DBSK.. :p

    tapi, sekali lagi makasih atas kritik dan infonya..

    arigatou!

  7. mnurut gw super junior dan dbsk i2 sama2 gbus kok,,, ya tp gw msh lebih prefer ke suju,,,coz mereka ramah dan lucu2 (apa adanya, ngg sok cool kyak boyband laen),,,

    mereka mampu berkarir secara group maupun individual,,,:)
    glo—

  8. annyonghaseo,,,wah gw tlad bgt commentx,,,

    suju n' dbsk tuh sama2 bgus,,,mrk pux keunggulanx masing2…

    n' menurut gw klo qt suka ama salah satux,,bkan brarti qt boleh ngejelekkin group lain yg dianggap saingannya,,,

    sbg penggemar korea,,, gw lbih suka ama persahabatannya suju… liat aj kesehariannya mrk,,lucu ^_^

  9. Aku suka suju sama dbsk,, dua2nya punya kelebihan,,,
    yang bikin suju keliatan gak matang menurutku salah satunya karena mereka anaknya gila2… bayangin aja, 13 kepala jadi satu, gimana gak heboh tuh? hehehe…
    jadi inget kanjani aja… kalo mereka udah ngumpul di satu acara, utaban misalnya, pasti semuanya ngomong…
    kalo masalah kualitas c, kita bisa liat dari jam terbangnya dulu,,, semua juga gak langsung perfect…
    ^^

  10. suju sama dbsk bagus kok!
    tapi saya lebih suka suju .
    terus elf itu ga lebay , itu nunjukin kalo elf itu cinta banget sama suju .
    dan lagi ada juga kok anggota suju yang ga oplas –” .
    suju itu bukan cuma ngandalin tampang doang kok .
    terus kita suka suju bukan cuma karena tampang .
    tapi karena memang mereka punya talenta!

  11. DBSK yg oplas cuma 1 membernya aja kok yaitu JJ…. yg lain nggak oplas… kalo prestasi lebih banyak DBSK… Gw lebih suka DBSK coz lebih keren dan cakep (bisa dilihat dg mata normal)…suaranya juga OK…Hidup DBSK…

Leave a Reply

