Resensi: Departures/Okuribito

Hmm, gimana ya.

Saya mendapatkan film ini setelah mendapat resensi dari majalah animonster. Kalau melihat resensi dari majalah animonster, saya berpendapat kalau filmnya bagus.

Sekitar sebulan setelah membaca majalah animonster, saya memutuskan untuk membeli film ini. Resensi dari animonster memang tidak salah. Cerita film ini memang bagus.

Departures/Okuribito itu film tentang sebuah pekerjaan yang masih dianggap tabu oleh kita, yaitu menjadi orang yang mempersiapkan jenazah untuk ke alam sana. Memang bukan cerita Islam sih… tapi saya menganggap kalau fimnya keren sekali. Bahkan untuk pembuatan film ini, dibutuhkan waktu 10 tahun. Tapi film ini meraih banyak penghargaan baik dalam maupun luar negeri.

Mengutip resensi dari animonster 124, dengan beberapa perubahan:

Daigo Kobayashi adalah karakter utama dalam film ini. Pada awalnya dia bekerja sebagai cellist dalam satu grup orkestra. Tapi pekerjaan itu berakhir setelah pimpinan orkestra tersebut membubarkan grupnya. Karena merasa tidak mempunyai bakat yang bagus dalam cello, akhirnya dia menjual cellonya dan mengajak istrinya, Mika Kobayashi, untuk pulang ke kampung halamannya.

Daigo memutuskan untuk mencari pekerjaan baru. Dia tertarik dengan lowongan kerja “asisten pemberangkatan”. Tanpa ragu dia langsung menuju kantor NK agent, yang menawari pekerjaan tersebut, untuk wawancara. Tapi dia menyadari adanya keanehan dalam kantor tersebut. Pada kantor tersebut terdapat 3 peti mati. Setelah itu, ternyata Daigo langsung diterima pada pekerjaan tersebut.

Pada awal karir barunya, Daigo mengalami kesulitan. Namun pada akhirnya dia dapat mengikuti irama sang bos dalam menjalankan pekerjaanya. Walaupun begitu, dia takut kalau istrinya tahu pekerjaannya yang baru, yah walaupun akhirnya ketahuan. Klien yang dihadapinya pun bermacam-macam. Ada yang masih muda, sudah tua, bahkan salah satu orang yang sangat berarti untuknya pun dia tangani…

Yak. Karena malas buat menceritakannya, yah, pokoknya HARUS NONTON! KALAU KAU MEMANG MANIAK FILM.. TERUTAMA J-MOVIES!! Ceritanya menyentuh sekali.. hiks..hiks D: tapi film ini, kalau pendapat saya, ratingnya untuk 15+. Ada beberapa adegan yang kurang cocok buat anak-anak dibawah umur segitu.

Sekian ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s