Donor Darah

hari Kamis, 12 April 2012, untuk pertamakalinya saya melakukan donor darah. Setelah setahun lebih menanti kesempatan tersebut, akhirnya tiba juga!
Meski rada keder karena jarumnya cukup besar, saya tetap nekat untuk melakukan donor darah. Kalo dipikir-pikir, hari tersebut adalah hari terakhir saya berusia 18 tahun :”)

image

saya, saat darahnya sedang diambil

Selesai donor darah…
Efeknya kerasa bow!! Pusing, mata berkunang-kunang, lemesss. padahal darah yang diambil cuma 350 cc (kata petugasnya lho), ga sampe 1/6 total dari darah kita efeknya udah kayak gitu. 350cc itu dikit lho soalnya dari artikel yang entah jaman kapan saya baca, kalo di eropa darah yang diambil lebih banyak tapi ya ga sampe 1 liter lah. gara-gara ini untuk pertamakalinya saya nge-skip kelas. (anehnya pas sore saya malah bisa menggila sama temen di kelas)

nah buat yang akan atau mau donor darah buat pertamakalinya, ada tipsnya nih dari saya…
1. rileks aja. jangan tegang. biar ke kitanya tenang
2. positive thinking. ga akan mati lah kalo diambil dikit darahnya. yaa kecuali kalau memangudah waktunya meninggal a beda lagi -,-
3. pas lagi diambil darah, jangan liat jarumnya. ngobrol aja sama petugasnya (kalo sendiri) atau sama teman (kalo ditemenin) Insya Allah petugasnya baik-baik. ini juga yang saya lakukan agar saya tetap fokus.
4. sugesti diri perlu, lho. yakinkan diri kalian kalo kalian akan baik-baik aja baik sebelum ataupun sesudah donor.
err, segitu aja dulu kali ya tips dari saya :3

meskipun sempet rada pusing, saya ga kapok, mau donor lagi aaaah~

bantu sesama yuuuk xD

Leave a Reply

