Pasar Komik Bandung 4 (10 Mei 2015)

#sedikit curhat: postingan ini belum selesai ditulis ketika di-post yang pertama kalinya
##karena ini adalah event lokal, saya akan berusaha menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar (…mungkin)
###postingan cukup panjang, gak suka gak usah baca (emang fanfiksi)

Pasar Komik Bandung pada tahun 2015 ini adalah yang ke-4 kalinya diadakan di kota Bandung. Pada awalnya, kegiatan ini diadakan oleh komunitas komik Bandung KOMIKARA dan dilaksanakan pada tahun 2009 dan tahun 2010. Pasar Komik Bandung sempat vakum selama tiga tahun, dan mulai dirintis kembali oleh komik.bdg pada tahun 2014.

Kalau dibandingkan dengan event pasar komik tang saya datangi pertama kali pada tahun 2009 (iya, saya datang ke Pasar Komik Bandung yang pertama), tentu saja yang tahun ini jauh lebih ramai (sangat, malahan) dibandingkan dengan yang pertama.  Banyak juga komunitas dan komikus baru yang turut meramaikan acara ini (saya hanya tahu komikus yang menerbitkan komik pada tahun 2009-2011 dan yang cukup aktif di facebook dan ada yang saya kepoin juga sih).

Sejujurnya, karena sudah lama tidak mengikuti perkembangan komik karya anak bangsa, saya tidak punya ekspektasi apapun terhadap acara ini. Saya hanya mengandalkan informasi dari klub Nihonbu, klub budaya Jepang di SMA 1 Bandung, bahwa pada tanggal 9-10 Mei 2015 ada Pasar Komik Bandung di Braga City Walk . Karena pada tanggal 9 Mei masih ada kegiatan Bunkasai di Kampus, saya memutuskan untuk datang pada tanggal 10 Mei. Tadinya mau pergi sama adik pertama saya, tapi karena sebelum ke sana saya harus mengikuti rapat dan ternyata adik saya pun harkos gegara di rumah masih harus melakukan sesuatu, jadinya saya pergi sendiri.

Langsung saja ke TKP

Saya datang ke acara ini sekitar pukul 13.00 WIB. begitu datang di lobby , saya disambut dengan gerbang di bawah ini!

image

image
Beungeut, heh

Dari gerbangnya saja, saya menduga kalau acara tahun ini jauh lebih ramai. dan benar saja, meskipun gak seramai dan seribet acara komik di Jakarta dan dibandingkan dengan acara yang pertamakalinya, sekarang lebih rapi. Satu yang sedikit disayangkan, pengunjung tidak mendapatkan pamflet ataupun petunjuk mengenai booth para pengisi acara maupun rundown mengenai acara di main hall. Saya sendiri baru ke pusat informasi setelah berkeliling satu kali mencari hal yang tidak jelas.

Saat putaran pertama, saya menemui booth-nya Mice + Haryadhi… saya pikir hanya booth-nya saja

.
.
.
.
.
tapi
.
.
.
.
.
.
apa yang membuat saya kaget adalah… hadirnya mas (pak?) Mice dan Mas Haryadhi di event ini. Benar-benar hadir! saya menikmati karya mas Mice sejak SD, saat masih combo Benny and Mice di koran Kompas. Kalau Mas Haryadhi , saya tahu dari “Kompos” yang suka berseliweran di Facebook (dan saya selalu gagal buat berkompos ria huhuhu).
Tambahan: saya baru tahu dari mas Mice kalau mas Haryadhi ternyata berasal dari Bandung ._.

Saya pun dengan mengabaikan rasa malu, meminta untuk berfoto bersama mereka berdua! ehe 幸せ(・∀・)

image
mas Mice!
image
bersama Mas Haryadhi!

mereka berdua ramah. suka! semoga pada saat bertemu dengan mereka, saya sudah bisa menghasilkan suatu karya. sukses terus!

Saya pun melanjutkan jalan-jalan gak jelas saya sambil masih mencari hal yang tidak jelas. saya beli pin dan melakukan beberapa percakapan singkat padat dan gak jelas di beberapa stand. sejujurnya saya merasa iri sama mereka yang mengisi booth karena mereka bisa mengekspresikan dan menyalurkan hobi mereka (dan saya tahu usaha mereka pun mengorbankan sesuatu untuk bisa seperti saat ini…)

di mana artinya berjuang, tanpa sesuatu pengorbanan

eak malah nyanyi

image
suasana di Pasar Komik Bandung

pada saat melihat daftar booth ada beberapa yang langsung membuat saya tertarik
-kak Archie (yang ternyata bersama kak Azisa)
-kak Sweta (pengarang Grey Jingga)
-kak Faza (si Juki)
-kak Galang (garudaboi)

sayangnya saya gak punya keberanian buat berfoto bersama mereka yang saya tulis di atas. semoga lain kali bisa yaaaa. Saya pun mengunjungi booth funco, hijabographic, ngomik, dan berbagai booth lainnya.

(((btw, kak Azisa imut dan kak Archie pembawaanya mirip Kumkum, junior saya di Nihonbu hihihi)))

saya pun datang ke booth genshiken, Komunitas budaya J-pop di ITB. beberapa hal yang ada di pikiran saya
-vvibu (Gak juga sih, mungkin karena saya sudah tidak terlalu mengikuti budaya J-pop, kecuali Kalafina, Sound Horizon dan beberapa hal gak biasa dari sana a.k.a anti mainstream
)
-pede, banget. untuk ukuran UKM universitas.
-tapi saya juga iri karena ke-pede-an mereka. saya gak cukup berani buat melakukan hal seperti mereka.

ternyata, di Pasar Komik Bandung juga ada booth cardgame lokal. serius, saya gak ngerti game kartu…jadi….meskipun melihat-lihat kartu yang ada, saya hanya sambil lalu saja deh.

perut saya minta diisi, makanya setelah melihat -lihat booth, saya memilih untuk istirahat sejenak. ketika sedang beristirahat, tiba-tiba saya ditanya sama seseorang…. yang ternyata adalah Teh Puti, senior saya di biologi UPI (senang aja sih masih ada senior yang inget sama saya padahal udah ga ngampus di sana). Kami pun melanjukan perjalanan gak jelas ini ketika ternyata…

image
siapa hayo?

kak Sweta lah yang menjadi pemateri di main hall ! teh Puti (dan saya) cukup menyesal karena tidak membawa komik-komik yang ada di rumah. lumayan kan bisa dapet tanda tangan mereka gitu. tapi ah yasudahlah. setelah menyesal yang gak guna itu, kami berniat untuk ke lantai 2, mau ngambil foto rencananya…..sampai saya bertemu dengan teman saya yang hobi fotografi, Uka! yak dan kami berdua pun tersendat di tempat Uka berada (dan saya pun tak jadi ngambil foto dari lantai 2 dan menemani Uka makan siang sementara saya sama teh Puti membaca komik yang Uka beli)

niatan awal kami bertiga adalah… melihat foto Uka yang dipajang di pameran, yang ternyata tempatnya gak dekat dari Braga. sedihlaaah. pada akhirnya kami pun kembali ke Braga City Walk untuk yaah.. . berpisah. Gak lengkap rasanya kalau gak ambil foto. saya sudah jarang bertemu mereka :”)

image
Bersama Teh Puti dan Uka!

perjalanan hari ini cukup menyenangkan, karena Pasar Komik Bandung ga menjadi lautan manusia :”)
yaa tentu saja masih memerlukan perbaikan agar acara makin baik.

image
Hasil belanja hari ini (dan maafkan ada komik Jepang nyempil di sini)

yesh… saya hanya beli barang di atas karena keterbatasan uang di dompet… salah juga gak ada rencana untuk datang ke sini. tahun depan harus ah. biar gak bocor dompetnyaaa

image
seakan mendapatkan harta karun!

terakhir, sign dari mas Mice!

terima kasih sudah mau membaca blog saya.
Zahra

One thought on “Pasar Komik Bandung 4 (10 Mei 2015)

Leave a Reply

