Pasar Komik Bandung 5, 7-8 Mei 2016

Tahun ini saya kembali mengunjungi Pasar Komik Bandung, yang tempatnya lagi-lagi di Braga City Walk. Apa bedanya sama kegiatan Pasar Komik Bandung 2015? btw, saya pun pernah membuat tinjauan mengenai kegiatan yang tahun 2015. Yang mau baca bisa klik di sini. Postingan ini bisa dibilang abal dan bukan tinjauan terhadap kegiatan ini sih… tapi ahsudahlah. hehe

Kalau sudah baca review yang tahun 2015, acara tahun ini lebih sederhana. Bisa dilihat dari gerbangnya. kegiatan tahun ini memang benar-benar lebih ‘pasar’ sih. lebih sederhana. tapi secara umum, yang mengisi stand di sini memang masih sama, komik, ilustrasi, dan berbagai jenis game. Tapi ada yang menarik, tahun ini banyak buku anak-anak, jadi buat orang tua yang ingin beli buku untuk anak-anak punya banyak pilihan (kalau dibandingkan dengan tahun kemarin ya…).  Stand game-nya juga bertambah. ya, meski tahun ini stand-nya tidak sebanyak yang tahun 2015, tetapi pengunjung yang datang pun lebih bervariatif. Kalau tahun ini banyak orang tua yang (tampak) membawa anak-anaknya  buat mencari bahan bacaan. Yang membuat saya berpikir adalah….. Ada stand dari Kemendikbud yang sedang mempromosikan acara World Culture Forum yang akan diadakan di Bali pada bulan Oktober tahun ini. Buat yang memiliki essay, silakan cek website Kemendikbud. (bukan promosi, tapi saya juga sebenarnya mau ikutan :””””< makanya saya ajak yang baca buat ikutan ini!)

image

Sebenarnya saya tahu kalau para penjual (?) komik maupun game yang ada di sini ramah-ramah. Tapi entah kenapa saya takut untuk memulai percakapan dengan mereka semua. Mungkin karena saya sudah memutuskan untuk keluar dari dunia tersebut dan memilih untuk ‘cukup sebagai menjadi penikmat saja’ dan sifat saya yang terkadang sulit untuk memulai pembicaraan….jadinya err canggung juga.

Awalnya saya berniat kalap (serius) dan jauh lebih perhitungan dengan perkiraan bakal kalap liat komik-komik yang ada. TAPI….entah kenapa niatan itu pupus sudah. mungkin karena orang tua tahu saya ada niatan ke sini  jadinya sayanya yang malah ga enak buat kalap menghabiskan uang. Lah aneh? iya lah. Soalnya err gimana ya, masih banyak orang yang menganggap hobi saya cukup aneh, apalagi orang Indonesia umumnya menganggap kalau komik itu buat anak kecil. Padahal komik bukan cuma buat anak-anak. Ada juga komik yang gambarnya lucu, kaya buat anak kecil tapi ternyata ceritanya sekompleks dengan cerita kehidupan drama orang dewasa. sebagai orang (menuju) dewasa, saya pun mulai memilah kembali komik-komik yang sekiranya cocok buat anak-anak atau buat remaja.

Saya menemukan game yang dibuat berdasarkan tren yang saat ini lagi jadi topik di dunia maya. Nama game-nya errr apa ya, tapi intinya jualan Tahu Bulat. (pelis pas liat ini langsung ketawa.)

image
Tahu Bulet, Digoreng Dadakan Limaratusan 😂

kalo kata yang buat game-nya, mun teu salah mah, ini semalam jadi. terus ada challange buat menjual tahu bulat minimal seharga 70ribu dalam waktu 30 detik. Saya bukan gamer jadinya saya tidak bisa menyelesaikan misinya, sementara teman saya, Zata, bisa menyelesaikan  misi ini! sudah kuduga, ga bakat main game o<-< padahal game-nya gampang. hiks.  Game-nya baru bisa diunduh beberapa hari setelah acara Pakoban karena masih dalam tahap penyelesaian. (dalem hati: semalem jadi aja udah kayak gitu, bagus game-nya, apakabar kalo udah kelar ) Mau unduh ah tapi kalo memorinya cukup 😂

Bisa dibilang, acara tahun ini pun ramai pengunjung dan cukup sukses lah. tapi kelemahannya masih seperti tahun kemarin: ga ada denah (atau mungkin sayanya kurang teliti) 😂. buat yang cari bacaan tapi mau ketemu langsung sama yang buat komiknya, Pasar Komik Bandung adalah tempat yang pas!   Sayangnya saya kurang pe-de makanya gak banyak bicara. Di bawah ini terdapat sedikit foto-foto yang sempat saya ambil.

image
Suasana Pakoban 2016 #1. Btw ini stand kompilasi temannya saya 😁
image
Booth game-nya. banyak game kartu...
image
Mainan buat anak-anak juga ada! Mau beli tapi sadar umur huks
image
Suasana Pakoban 2016 #2
image
Jodie dan Tauco! Cara berkenalan kami cukup aneh, ada yang karena hubungan senior-junior, ada juga yang karena fandom 😂
image
Hasil dari Pakoban 2016... lebih banyak ya bukunya.... hem padahal uang yang keluar lebih sedikit 😂

di acara tahun ini saya malah ketemu Zata, teman se-fandom dan junior di kampus. kakaknya, mba Piyo buka stand di sini dan you know what, mba Piyo buka stand barengan sama yang buat komik chrysantemum, salah satu komik yang pernah saya beli pas SMA  tapi bukunya udah entah ke mana karena dipinjam teman hiks 😥 di sini juga saya ketemu sama murid sayah (ceileh bahasanya), Jodie (teman satu fandom), dan Taucoku tercuyung yang masih aja imut 😣
oiya, buku Mozaik Kebudayaan Indonesia, kartu pos dan pembatas buku bergambar sawah, dan Politik Akal Ukil itu saya dapatkan gratis. kalau mau jug bisa dapat gratis tapi harus jelas alasannya gimana. Oiya, saya dari SMA udah tau komik garudaboi dan emang punya komiknya dari yang nomer 1-3, tau juga yang buat siapa tapi kaget pas ketemu sama komikusnya 😝

pokonya buat yang buka stand di acara Pakoban, semoga sukses terus! Jaya terus Komik Indonesia #ceileh

Zahra. 

Leave a Reply

