Asia Karaoke Nodojiman 2016

Zahra, tau kok kamu tuh suka banget nyanyi-nyanyi ga jelas sampe anak kosan ada yang kejer sendiri gegara dengerin suara kamu nyanyi malem-malem. pake teknik lagi nyanyinya ya… pinter

oke. jadi saya mau cerita pengalaman nyanyi, solo. iya solo. da audisi atuh judulnya. nama acaranya seperti yang saya tulis sebagai judul postingan ini. Sepertinya ini acara TV Jepang yang berbayar sih (re: NHK).

kamu ikutan itu? emang udah rada-rada sih ya kamu teh. nekat banget. menang ngga?

sayangnya, tidak. abis nilainya tergantung mesinnya sih.

hah mesin? mesin apaan dah?

oke, sekadar info, di Jepang itu karaokeannya ga pake lagu asli artisnya sih, tapi ada aplikasi (?) yang namanya DAM, mesin karaoke gitu. pas saya ke Jepang dulu juga pernah nyanyi pakai mesin ini. hebatnya di mesin ini ada banyak banget lagu, terutama dari kalafina, yang uwe demen. tapi ya lagu jepang sama barat sih banyaknya, ga ada lagu Indonesia lah. bah, kalau ini mesin ada di Indonesia udah pasti kalap sih konser ngecover kalafina sendiri.

lah emang tujuan lombanya apaan?
sekalian nyari finalis buat ke Jepang, memperkenalkan mesin DAM itu sendiri sih.

nah saya kan tau acara ini dari senior saya, sebut aja namanya Teh Lily. kalau dipikir-pikir, ga ada kerjaan banget ya ngebela-belain ke jekardah cuma buat ikutan acara macam ini. tapi untungnya ini acara bertepatan juga sama acara Jepangan yang bernama Ennichisai. berhubung kami orang Bandung tulen dan belom pernah ke itu acara, jadi pokoknya mo menang ato kagak urusan nanti, tapi kalo ada waktu memang diniatkan untuk ke sana.

mau cerita aja sih. pada akhirnya di antara kami emang ga ada yag menang dan berakhir main ke ennichisai, tapi tampil di panggung, sendirian itu emang suasananya mantap. apalagi banyak banget tatapan tajam dari orang-oang yang ga dikenal dan tampak ambisius banget buat bisa ke sana hahahaha. oke itu mungkin cuma perasaan sayah.

nah lagu yang saya bawakan bukan lagu kalafina (rerata nebaknya nyanyi ini lagu karena pada tau sayah fans berat ini vocal unit), tetapi lagunya om revo. JIYUU NO TSUBASA. HAHAHAHA sengaja pilih lagu ini karena range vokalnya aman.

tapi apa yang membuat ini jadi cukup berkesan dan malah ga bikin kapok?

1. sistem penilaian. banyak yang bagus tapi malah dapet skor kecil. sementara yang iasa aja dan sorry to say, flat dan agak pales malah lolos audisi.

2.   satu hal yang membuat saya bersyukur karena suka dan cukup hapal lagu ini (sampai-sampai jadi soundtrack gilanya semester akhir #uhuk. demi “jiyuu”) ketika lomba, ada kejadian yang membuat saya plongo depan panggung: GA ADA TEKS LAGUNYA SEPANJANG SAYA DI PANGGUNG. EDAN. mana pas di panggung ga bawa teks apapun. awalnya pas intro, saya pikir ga ada Teks karena ini pakai bahasa Jerman campur Jepang dan ternyata sampai udah masuk ke bagian bahasa Jepangnya juga ga ada teksnya. matek adek. agak yakin yang lain juga pada kaget gegara ga ada teksnya. hahahha 😂 jadinya ya seingetnya aja dah nyanyinya dan dipuji(?) MC-nya “wow you quite memorize it”. saya hanya meringis dalam hati. terus dasar alto, suara pas nyanyi, kata teh Lily, dan seinget saya sih, (emang) kenceng banget. efek ngatain orang nyanyinya forte nih.  pokoknya bisa dengar suara sendiri deh. bodo amat sama ekspresi di panggung hahahah :”””)

yah meskipun agak kesal karena kalahnya mepet banget, tapi ya saya senang aja bisa tampil kek itu.

yo sampai di sini dulu!

image
nomer audisinya lol

zahra

Leave a Reply

