opini: webtoon

so what, saya sudah baca webtoon sebelum webtoon booming di Indonesia. pertama kali download aplikasinya belum ada bahasa Indonesianya. pada saat unduh aplikasinya saya berpikir bakal sama kayak Line マンガ, dan ternyata beda banget :”””)
kalau Line Manga kan banyaknya dan emang official komik Jepang, jatuhnya juga kayak kamu beli digital manga via line gitu dan (sialnya) cuma bisa diunduh di Jepang (kalo aplikasi resminya). isinya juga beda jauh sama webtoon. kalau webtoon, awalnya dari Korea dan berbayar kalo ga salah di Koreanya juga. tapi bisi sotoy deng soalnya ga ngerti baca huruf hangulnyah.

nah di Indonesia sendiri baru mulai booming sekitar bulan Agustus atau bulan apa ya pokoknya dimulai pada tahun 2015, diawali dengan komik si Juki sama Piraku x Piraku buat komik aseli Indonesia. karena dulu kelamaan pake webtoon bahasa Inggris (yang isinya juga masih kebanyakan terjemahan komik dari Korea macam Noblesse) jadi ga terlalu ngeh kalo udah ada webtoon Indonesia wkwkkw.

untuk mencari komikus berbakat di Indonesia, maka diadakanlah webtoon challenge untuk pertamakalinya. beda dengan si Juki dan PirakuxPiraku yang kalo ga salah emang ga lewat challenge, webtoon yang terkenal di Indonesia, My PreWedding dan Eggnoid merupakan pemenang webtoon challenge pertama. nah ga lama setelah itu hingga pada saat ini banyak webtoon resmi Indonesia yang diawali dari challenge.

terlalu lama berkecimpung di webtoon Indonesia sampai lupa kalo masih ada webtoon bahasa Inggris. jadi jangan tanya webtoon yang menarik apa ya.

nah saya sendiri bukan yang niat banget buat mencari atau baca challenge di webtoon soalnya kuota :”””)  tapi saya sendiri punya beberapa komik favorit  atau yang memang saya suka ceritanya. he he he

the 304th study room
komik penuh cowok ganteng alias cogan bertebaran di sepanjang komiknya. bercerita tentang siswa-siswi dari Provinsi Riau yang berjuang untuk memenangkan Olimpiade Sains Nasional bidang fisika. kalau kalian ngarep ada romance di sini, JANGAN PERNAH BERHARAP karena Authornya memang sudah menekankan kalau komik ini bukan romance. oh yang bikin saya suka dari komik ini: Para cogan beroh. Mas Bejoooooi XD

image
Dasar bocah. padahal sendirinya demen denger kata libur.

terlambat jatuh cinta.
buat saya pribadi berasa baca komik Jepang yag berjudul Shigatsu wa Kimi no Uso. Tapi yang bikin seru di komik ini: perjuangan Barney sebenarnya. Trade mark: hesemeleh hesemeleh!! dan humor recehnya. gaya gambarnya sama pemilihan warnanya sih yang saya suka he he.

image
Elvira plz

7 wonders.
ceritanya berasal dari legenda/cerita rakyat Indonesia yang dikemas lebih segar dan latar belakang yang kekinian. gambarnya mungkin bukan style yang saya suka tapi parodinya plis….. ga nahan. :”””) ada parodi BBFnya korea juga lol. dan buat saya pribadi, Jaka alias tokoh utamanya, gaya rambut dia mirip Taichi-dari Digimon adventure ha ha ha ha /digeplak

image
uh kan ngaku-ngaku Haruma Miura 😦

Arigato Macaroni!
ini masih bertengger di webtoon challenge sih, tapi secara kualitas gambar, ini termasuk webtoon terbaik. saya pribadi ga tau apakah pengarangnya punya niat buat jadi webtoon resmi atau ngga….walau saya ngarepnya ngga biar ga kena komentar rese hahahah /jahat. btw komiknya bisa dibeli lho. ceritanya berkisar tentang kehidupan pengarang dan orang-orang di sekitarnya. banyak juga kisah tentang kedua anaknya, Yuki dan Osei. ceritanya ringan meski gambarnya waw banget. saya tahu komik ini dari pasar komik bandung 2015…. dari teman saya yang memang baca komiknya sebelum masuk webtoon.

image
"dasar gerombolan susah makan" :)))

melankolia
setiap nomornya merupakan cerita lepas atau one shot story. pengarangnya memang seperti yang tertera di gambar, tapi dia banyak berkolaborasi dengan komikus luar, entah untuk ilustrasinya atau ceritanya. sedikit berbeda dengan arigato macaroi, cerita di melankolia membuat kita berpikir dan sedikit lebih berat. kualitas gambarnya yang setara dengan komikus profesional. tapi buat saya sendiri, sepertinya adalah seorang ilustrator profesional.sih. mau gaya anime Jepang? bisa. komik barat? bisa banget. semiga bisa jadi webtoon resmi ya 🙂

image

agak.melenceng. ini webtoon inggris. judulnya Kind of Confidential.
kalo biasanya cerita superhero isinya tentang heroes, ini justru tentang villain. emang romance sih  tapu saya suka ceritanya. ringan. dan gaya gambarnya serta palet warnanya pastel. sukaaaaaaaa xD

image

sebetulnya banyak webtoon yang bagus, baik official maupun challenge. kalo ga ad kerjaan ya saya baca juga tapi liat dari gambar dan ceritanya sih. oiya terdapat satu perbedaan yang cukup mencolok, di challenge Indonesia, rata-rata ceritanya aman. kalo yang Inggris, ada yang ‘belok’ dan bertebaran. ada tandanya kok buat komik BL :”””” (saya ga baca btw). dasar orang Indonesia, komik ang terkenal kebanyakan adalah genre romance. padahal kalau diperhatikan di romance Indonesia itu ya gitu. polanya repetitif. kalo yang bahasa Inggris lebih beragam sih.

yak.sekian cuao-cuwp tentang webtoonya.

Zahra.

Advertisements

2 thoughts on “opini: webtoon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s