impresi: Liar: uncover the truth

akhir-akhir ini, saya agak keranjingan main otome game. Saya bukan pecinta game tapi entah kenapa Game yang satu ini mainnya bikin nagih! 

catatan prolog: mungkin saya akan banyak membocorkan isi game ini. akan saya beri tanda bagian mana yang akan menjadi bagian spoiler. di sini saya gak akan ngasih jawaban buat pertanyaan yang ada di game ini. silakan cari di mbah gugel, ada kok orang-orang yang berbaik hati buat ngasih jawabannya apa. ehe.

kalau mau download pastikan memori hp kalian tersisa lumayan banyak soalnya lumayan makan memori hp, apalagi yang bahasa jepangnya 😅

Nama game: Liar: uncover the truth (jp:ダウト~嘘つきオトコは誰?~(1) ~オフィスは男女の嘘だらけ~(2))

japan ver!
tahun rilis: 2015 (Jp, start), 2016(En. ver, start.)

Game ini formatnya kayak otome game yang biasa dimainkan di ponsel pada umumnya, yaitu dengan cara mengetuk layar ponsel untuk mengetaui jalan ceritanya. yang membuatnya berbeda adalah kita diajak untuk bermain ala-ala detektif untuk menebak siapa pembohong yang memiliki sisi lain bisa membahayakan tokoh utamanya, yaitu kita sendiri. Game ini, kalau di Jepang, rilisnya sebelum Mystic Messenger (MM) mulai hype di pertegahan taun 2016. hem…. untuk kali ini saya akan bahas yang versi bahasa Inggrisnya aja deh ya. soalnya yang bahasa Jepang….saya baru main ini beberapa hari sebelum membuat postingan yang satu ini.

eh pembohong?

iya. di awal permainan kita akan dipandu bagaimana cara memainkan game ini. intronya, main character (MC), dia punya pacar, Namanya Shizuo,  yang rencananya akan menikah beberapa bulan lagi, tapi MC dapet kabar dari temannya melalui Talk Time (TT, parodi Line) Shizuo selingkuh dan temannya ini ngirim foto bukti kalo dia selingkuh. Karena gak percaya, MC mengecek sosial media yang dinamakan Find Friend (FF)  (oke ini emang parodinya sosmed FB). di FF maupun TT, kita bisa cari beberapa foto atau bukti yang akan digunakan untuk ‘menodong’ pembohongnya. selain itu kita juga bisa menggeledah barang atau ruangan yang potensial untuk mengumpulkan barang yang sekiranya bisa dijadikan bukti kalo dia berbohong. 

oke, balik ke awal cerita game ini. Karena Shizuo ketauan selingkuh dan MC pun kesal karena alasan Shizuo yang memacari dia itu nggak banget, dan juga dia udah ditodong sama orang tuanya buat memperkenalkan coretpacarcorettunangan dia, akhirnya dia mengikuti goukon alias kencan buta. syara mengikuti kencan buta ini, tajir, penghasilan lebih dari 1 juta yen per tahun (kalau gak salah ya), tampang keren/cantik. Pokoknya kencan buta ini bisa dibilang buat orang elit gitu deh. terus tiba-tiba MC ditepuk sama seseorang antah berantah yang ternyata adalah peramal. peramal itu bilang kalau MC bakal ketemu sama 10 pria tampan dan cukup ideal buat jadi pendamping hidup, tapi dari 10 orang tersebut, 9 orangnya adalah pembohong. nah untuk menemukan siapakah sebenarnya pembohong tersebut….adalah tugas kita, para pemain yang melakoni diri ini sebagai MC untuk cari tau siapa pembohongnya itu.

 Karakternya…

favorit saya…… Sotaro Shiga dan Itaru Yuikawa. entah kenapa dari awal udah kepincut banget sama dua karakter ini..

prediksi: salah satu di antara mereka adalah Orang yang ditakdirkan untuk MC! real ending!!! 

apa yang saya suka dari MC game ini? dia adalah perempuan yang kuat, teguh pendirian, dam gak tanggung-tanggung, bisa aja menampar si pembohong, meski yah…. namanya juga otome game….. pasti ada alter ending. Setiap karakter punya 5 ending. Biar lebih jelas silakan lihat gambar di bawah ini.

meski di gambar cuma ada 4 ending, sebenarnya ada 1 ending lagi, yaitu Bad Ending, yang baru akan muncul kalau pada akhirnya kita salah menjawab pertanyaan paling terakhir dari pembohong ini. Kalau kita jawabnya benar, Bad  Ending bisa kita dapatkan gratis. Sebisa mungkin dapatkan S biar bisa baca semua ending dengan gratis!! Soalnya kalau mau baca semuanya tapi gak dapet rank S, kita harus bayar pake koin, yang koinnya harus kita beli pakai uang beneran. tapi buat dapat S di game ini juga kita harus bisa main dalam tenggat waktu early clear. oh iyes…. meski kita bisa mainkan ini gratis (setiap hari dapat 5 tiket gratis buat main cerita utama.) tapi kalau udah di akhir-akhir early clear-nya mepet bamget sementara saya cuma dapet 5 tiket. dua liar terakhir bikin saya pengen ngeluarin duid biar dapet S huhuhu. oh yes, tiket juga bisa dibeli pakai uang beneran. 

di atas juga ada cool points (CP), kan. untuk mendapatkan CP, kita harus menjawab pertanyaan yang ada di Flirt time (FT). 

naaah di FT ada dua tipe pertanyaan, girl power questions (GPQ) dan seduction question (SQ)

 contoh GPQ

kalo jawabannya tepat biasanya bakal keluar gambar 1 di antara 10 cowok para pembohong itu dengan gambar yang ala-ala gitu

. contohnya: 

kalau benar, tandanya super cool dan dapat 20 poin sementara kalau salah jawab, kita cuma dapat 10 poin dan tanyanya… good basic….ish.  

kalau dapat pertanyaannya SQ, biasanya pertanyannya seputar trivia dari cowok- cowok tersebut. kalau di versi bahasa Inggris, pertanyaan macam ini baru keluar setelah kita menyelesaikan pembohong ke-6, sementara yang bahasa Jepang, dari awal udah bisa dapat pertanyaan macam ini. conthnya adalah pertanyaan dari Itaru.

kalau bener….kayak gini jawabannya….

dan kita mendapatkan 50 poin, yay! sementara kalau salah kita dapat 30 poin hehe. contoh lainnya, pas saya salah jawab, kita bakal dapet ilustrasi macam ini….

SPOILER START! AWAS BOCOR!!!
seperti yang sudah saya bilang di awal, saya tidak akan memberikan jawaban buat pertanyaan yang ada di game ini, entah itu dari cerita utama maupun FT (banyak banget soalnya, bahkan ada 1 pertanyaan yang sama tapi jawabannya beda). tapi saya kasih petunjuk:

pembohong 1 anak mamih banget, dikit-dikit nelepon ato sms, manggil mamanya pake nama depan, paling muda

pembohong 2 tempramen, ngasih cincin di kue yang bakal dimakan sama si tokoh utama, stalker banget!

pembohong 3 maniak idol sampe-sampe MC diculik buat dijadiin model buat baju si idol selanjutnya. 

pembohong 4 maniak judi sampai-sampai barang berharga MC digadaikan demi uang meski udah lama kenal.

pembohong 5 tukang selingkuh sampe nama akun di sosmednya palsu semua dan tau karakter kesukaan MC dan  jago masak. 

pembohong 6 penerus yakuza cuy! pinter IT pulak.

pembohong 7 dia yang pola pikirnya paling dewasa, mainnya kata-kata tapi punya rahasia yang entah kenapa bikin pemain malah jadi simpati sama karakter satu ini, tapi saya sih gak tertarik…

pembohong 8 tukang morotin uang MC…. well kalau gak salah sih. gayanya juga slengean 

pembohong 9, pernah cerai gara-gara sifatnya yang cool banget tapi samhaw dia punya hubungan rivalitas yang…. “edyan kaliam bocah apah!?” sama orang yang jadi  takdir MC.

spoiler end

kesan saya main ini:

1. kalau banyak uang ato kalian niat buat ngabisin duid demi game dan cowok 2D tamvan, ini mayan lah rekomendasi. 

2. gilak cakep-cakep aslinya minta digaplok semua. tapi yaaa ada sih yang nggemesin banget karakternya.

3. Kalo gak sabaran sama sistem tiket perhari 5 itu mending jangan main, apalagi kalo kalian ambisius tapi males ngeluarin uang. serius. yang ada kalian drop main ini 

4. sejauh ini, saya paling benci sama pembohong nomor 1 dan 5. cuma bisa bilang edyan maneeeeeeeeh. 

5. meski setiap karakter punya 5 ending tapi buat saya mereka alter ending semua. karena ya itu, kita harus cari siapa sih orang yang ditakdirkan untuk MC. 

6. Setelah menyelesaikan pembohong ke-6 kita bisa mainkan lovers route yang juga hanya dimulai dari pembohong ke-6 sampai orang yang ditakdirkan untuk MC. sayangnya, buat kalian yang tertarik sama 5 pembohong pertama, kalian gak bisa pilih mereka di rute ini karena emang gak ada di pilihannya. kalian harus beli cerita dan bahkan epilognya.yang kalo ditotal sekitar 1200an koin. well silakan itung sendiri kalo pake pulsa jadi berapa duid ya….

7. mungkin karena ini masih baru, kalau dibandingkan dengan yang versi jepang jauh lebih membosankan, tapi seenggaknya yaaa lumayan lah…. soalnya yang bahasa Jepang fiturnya lebih menarik (dan lebih menguras dompet, tentu saja). yang bahasa Jepang juga sudah ada event yang menarik juga…. tapi ya itu…. saya kan baru main jadi yah gitu deh huhuhu….

yaaa saya lebih senang main yang macem ini sih daripada harus main otome game biasa soalnya menarik aja dan banyak cogan 2d tampan ehe. 




yak sekian dulu dari saya!

sampai bertemu di postingan selanjutnya!

Advertisements

8 thoughts on “impresi: Liar: uncover the truth

    1. wah hahaha ga tau kalo laris nggaknya mbak di Indonesia. soalnya saya juga sebenarnya baru main game macam ini, belom sampai sebulan. tapi kalau di Jepang sendiri sih ini termasuk game yang laris dan banyak pemainnya (liat ranking di chart gamenya dan saya dapet rank. 25000an, buat yang versi Jepangnya ya soalnya yang versi bahasa Inggris belum ada macam ranking gituan…. kan sedih wkwkwk) *yah curhat di komentar maafkan =”))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s