Donor Darah di Kantor PMI Kota Bandung

Setelah setahun lebih gagal donor darah, akhirnya pas Januari 2019 saya bisa donor lagi. hahahah rasanya jadi ingat pengalaman pertama saya donor darah. HEHEHE

lagi-lagi saya ambil ini dari racauan saya di twitter (yang saya proteksi, jelas). tapi kayaknya dibandingkan pengalaman pertama saya donor darah, ini sedikit lebih rinci lah ya. (semoga)

Saya pertamakalinya (berhasil) donor darah langsung di kantor PMI kota Bandung setelah sebelumnya gagal karena tensinya kurang hehee.

naah. Stepnya adalah…..

tentu saja datang ke Kantor PMI, iyalah. kalau sudah pernah datang ke kantor PMI sebelumnya, cukup kasih kartu anggota PMI kalian ke petugas, nanti setelah itu kita isi data. nah di PMI bandung udah oke nih, ngisi datanya di komputer, kalau baru pertama kali datang, biasanya bakal dipandu buat mengisi data dirinya. kalau udah pernah, cukup pindai barcode ke pemindai, nanti datanya otomatis terisi. terussss tetap ada yang harus kita isi kalau udah registrasi. persyaratannya adalah…..

Yang saya tahu (dan seingatnya sih)

-berusia di antara 17-65 tahun
-sehat pada hari itu
-ga lagi minum obat atau aspirin
-tekanan darah normal
-hb normal (minimal 12.5 kalo ga salah, diperiksa di tempat)
-perempuan, tidak sedang haid
-boleh lagi puasa, tapi kalo kuat ya (tidak terlalu disarankan sih tapi silakan. kalau saya sih pasti ga akan kuat donor pas sedang puasa)
-berat (ups, harusnya massa) badan minimal 45kg, tapi seinget saya kalo mau aman minimal 50kg
-tidak begadang (minimal istirahat 6-8 jam lah)
-sudah sarapan
-ga kena hiv/aids (JELAS LAH YA)
-lain-lainnya ada di form biasanaya,

yang paling penting emang ini sih: Sehat di hari pas kita mau donor, ini penting, soalnya ini pengalaman pribadi saya. Pernah tuh, pas diperiksa sehat, tensi normal, hb oke, tinggal selangkah lagi ambil darah, tiba-tiba alergi saya kumat (alergi bulu kucing dan debu) otomatis bersin dan ingusan tuh. Langsung dikasih tau petugas, “Waduh teh, lebih baik jangan donor dulu ya. Soalnya harus bener-bener fit kalo donor” LAAAAAAAAAH 😦 gegara tempatnya agak berdebu sih ini mah :(((((( langsung ditolak. Kan sedih ya. Makanya kalo saya mau donor keknya harus cari tempat yang emang bersih deh 😦 (atau setidaknya sirkulasi udaranya bagus deh)

Kalau udah isi, nanti dapet nomor antrian, nomor ini berlaku untuk tes tensi, hemoglobin, dan pengambilan darah.

Penentuan pertama apakah bisa donor atau tidak adalah di pengukuran tensi. nah di PMI Kota Bandung kebetulan tensimeter (lol lupa nama alatnya. tolong kasih tahu….) yang otomatis. kalau saya….. biasanya gagal di sini. mengingat tensi normal saya itu 100/70 (kadang bisa di bawah itu), nah pada saat ditensi hasilnya?

114/56

giphy

YA UDAH OPTIMIS GAGAL SIH!

hataraku-saibou_content_24

ya sepanik remember cell ini heuheu

tapi ternyata, malah disuruh lanjut.

giphy-1

kaget? iya lah. itu diastolnya rendah banget. begadang sih, tapi tidurnya lumayan lama sih. terus donornya juga siang kok. jadi aman lah. kata dokter(?)nya sih yang penting sistolnya. yaaa nurut aja (meski dalam hati bahagia sih HEHEHE)

LALU, PENENTUAN KEDUA

buat yang baru pertama donor, kalo ga salah bakal cek golongan darah (hanya pas pertama)+ HB darah (setiap mau donor) di sini. kalau saya sih sejauh ini tidak pernah ada masalah sama pengecekan ini (rata-rata di kisaran 13-13.5). iya masalah saya kan emang tekanan darah :( *Sombongnya kamu jah

giphy-2

NAAAH setelah kedua tes itu, yang bisa saya harapkan hanya bisa tetap sehat selama  menunggu giliran untuk donor, karena pada saat itu sebenarnya agak kedinginan di ruang tunggu (demi apapun pada saat itu lagi Jumatan, jadinya gedungnya lebih sepi dari biasanya dan ACnya dingin banget ga nyante omo ). saya berusaha biar gak ingusan karena ya ada pengalaman ngenes lah ya.

giphy-3

akhirnya pun tibaaaa!!!! pas masuk ruangan donor bakal disuruh cuci tangan sampai siku pada bagian lengan yang akan didonor (apakah harusnya kedua lengan ya hmm gatau juga sih) biar lebih higienis lah ya. terus kita bisa milih mau lengan kanan atau kiri buat darah yang diambil….. saya sih kebiasaan kalo donor di tangan kiri, soalnya biar tangan kanan saya gak kibas setelah donor (maklum kk masih ada aktivitas he he he). senang sih akhirnya bisa donor, cuma emang makannya ga banyak pas sarapan jadi rada dagdigdug takut pingsan.

 

saya cuma rada jiper pas jarumnya ditusuk ke bagian lengan. jarumnya lebih besar daripada jarum infus atau buat vaksin. makanya ga pernah liat proses penjaruman (?). waktu itu saya diambil darah butuh waktu sekitar 7-10 menit, tapi ternyata….. after effectnya sampai 20 menit hue 😦 saking lamanya ndak donor darah sampai segitunya deh

Terus pas kelar donor… iseng swafoto gitu deh, pas liat hasilnya eta dah pucat kali :”) Sampe sekarang masih bingung, dengan hasil tensi 114/56 pada hari itu diizinkan dokter buat donor. Samaaaaa, sebenernya pengen nyoba bekam sih tapi masih belum berani, tapi alhamdulillah ga sampe pingsan sih kelar donor soalnya pas selesai cabut jarumnya tetiba pening gitu (emang salah satu efek donor sih) . Saking pusingnya, meskipun diingatkan petugas PMI-nya buat ga merem, nah saya bales agak jutek “iya tau saya juga berusaha biar melek. Soalnya kalo merem pas kayak gitu biasanya pasti berujung pingsan (udah banyak kejadian pusing->merem->pingsan). Terus akhirnya disuruh tiduran dulu, dengan posisi kepala lebih rendah dari jantung (untung ga bablas tidur beneran sih)

Selesai donor, kita bisa dapet makanan gratis. Mungkin dari sini saya bakal bahas deh bedanya donor di kampus sama di pmi langsung.

Kalo diadakan di luar PMI (semacam di kampus atau tergantung penyelenggara) biasanya dikasih makanannya makanan bingkisan gitu, snack kering lah, tapi kadang ada juga yang langsung nyiapin teh manis hangat buat menyegarkan tubuh (serius ini manjur buat saya ya). Terus kadang ada juga yang ngasih produk sponsor atau apalah itu. Saya pernah dapet hadiah handuk kecil (bukan hand towel ya)… ya meski ada tulisannya tapi yang penting kepake :p Pernah juga ada yang ngasih makan berat. Itu juga waow.

Kalo di PMI langsung (well karena saya baru sekali jadi ini berdasarkan pengalaman ya) dikasihnya ini. Ini PMI Kota Bandung yaa. Itu rasanya bener deh abis pusing mual pengen muntah abis donor langsung dikasih gini tuh…. kenyang banget. Susunya susu sapi murni pula omg. Ini dia fotonya!

Setelah donor emang ada pilihan service buat pedonor kalo di PMI, manfaatkan saja ini deh (mumpung belom makan siang). Yang sama dari donor di PMI dan luar PMI? PASTI dikasih kaplet penambah darah. Buat saya yang aslinya emang tekanan darah rendah ini kepake banget. ehe.

Di bawah ini adalah tips umum biar bisa donor (kecuali emang dilarang dokter buat donor):

  1. banyakin makan makanan berzat besi (paling aman makan bayam kalo saya) untuk menambah HB dan daging merah.
  2. olahraga! BUAT menormalkan tensi darah. Ini kebukti sih sama saya juga
  3. Jangan begadang pls

Banyak banget yang takut donor darah gegara takut jarum. WELL IYA SIH PAHAM. Jarumnya emang lebih gede daripada jarum suntik biasa. Saya juga selalu ga sanggup ngeliat proses pemasangan dan pelepasany jarumnya, lalinu :”) tapi pas lagi diambil darahnya emang ga terlalu kerasa.

Dulu pernah nanya pas donor di kampus gitu ya… kita tau darah kita ok buat didonor dari mana? kata stafnya sih, kalo ga boleh donor kita bakal dikasih tau entah melalui surel atau dihubungi melalui no. HP (iya, di biodata disuruh nulis no. HP sama e-mail. harap diisi ya, jangan diskip, siapa tahu ada informasi penting dari pihak PMI mengenai darah kita.). nah saya pernah baca cerita orang di blog yang pernah darahnya (hampir) ditolak karena ada kecurigaan dari pihak PMI setelah hasil labnya keluar.

mungkin ada yang bertanya, kenapa sih kamu seneng banget donor darah padahal tau sendiri tekanan darahnya rendah…

Golongan darah AB JARANG SIST. Yang rhesus positif aja susah apalagi yang negatif. Ke badan juga jadi lebih ringan sebenernya. Ya seneng aja rasanya bisa bermanfaat buat orang lain. Biasanya setau saya banyak juga yang kapok dondar gegara efeknya (pusing/pingsan). Padahal mah sebenernya lanjutin dondar aja next time. Tapi yah tiap orang punya pilihan masing-masing lah ya.

kalo mau tau gimana proses dondar dengan cara oke lah asik nih (atau makin pusing? lol) : tontonlah hataraku saibou eps 12

hataraku-saibou_content_01
sekkekkyuu alias sel darah meraaaah~

Sekian pengalaman saya donor darah di PMI! semoga saya bisa donor darah lagi~

Advertisements

4 thoughts on “Donor Darah di Kantor PMI Kota Bandung

    1. Halo! Memang sih kadang afa perasaan takut kalo pas mau donor. Semoga segera bisa melakukan donor ya hue hehehe salam kenal jugaaa

    1. Bhahahha sebenernya saya juga minum obatnya pas abis donor dan H+1 aja sih. Selebihnya yaaaa kalo inget🤣

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.