Webtoon Favorit 2018 (basi dah lu jah)

Harusnya saya ngeapdet entry ini tahun 2018 kali ya. Gapapa lah gak basi amat.

Setelah sebelumnya ngepost soal webtoon favorit 2017, selama 2018 lalu saya memperhatikan apa yang saya baca. Kalo kata orang-orang mah(eh, apa dari akun webtoon indonesia ya) istilah untuk orang-orang, terutama yang selalu baca webtoon tepat di pukul 22.00 wib/23.00 wita/ 00.00 wit adalah Toonderela. Saya sebenarnya termasuk ke tipe ini ya, terutama di hari Ahad-Kamis malam. Kalau misalnya ditanya apa sih webtoon favorit 2018, maka saya tampilkan di sini ya!

1. (Masih) Kosan 95.

Cerita jelas lah ya. TAPI MAKIN SINI GAMBAR FAISAL MAKIN TAMPAN HELEP dan kelakuannya bikin pembaca sering salfok 😂

Ugh!!!

Me: *ilangsinyal*

Ceritanya makin kompleks tapi masih belum ke tahap blunder alias masih seru! Apalagi sekarang Rudy terlihat akan menjadi peran sentral untuk cerita berikutnya demi menguak misteri keluarga jaya. Berharap boleh lah ya, Rena sama Rudy bisa akur dan kompak.

Segemes ini
Rudy dan Bima (yang lebih kalem, rambut hitam)

Buat yang belum tau, Rudy adalah anak dari Tri, Omnya Indra dan Rena. Dia mulai mencari tahu soal isi kosan 95 karena…. baca aja sendiri deh. Sebenarnya pas awal kemunculan Rudy, ya agak sebal gitu tapi ternyata dia agak Mirip Mikorin dari Nozaki (tsun-tsunnya) jadi ga bisa benci sama anak ini 😂Meledak ledak, ekspresif tapi sayangnya ayahnya sendiri agak sulit mengakui anaknya satu ini karena Rudy ini tipe anak rebel yang sebenarnya cuma butih pengakuan dan dilirik bapaknya (Familiar dengan tipe ini? Coba baca naruto deh, mirip sama sasuke kecil) tapi saya sendiri mulai tertarik sejak Sembilan masuk nyelonong ke apartemen Rudy buat menghipnotis dia sih. Kalau misalnya males buat baca dari awal…. saya rasa bacanya dari season 2 dulu deh. Kalo ngga, coba deh maraton bacanya.

MAKIN SINI….Rena Dadang juga udah mulai makin kompak meski Dadang kerjaannya marah-marah mulu, tapi mau bantuin.

Tapi tetap sih paling jawara sih FAISAL HE HE HE mo lagi terpuruk tetap tergambar ‘chantique’

Tapi saya rasa Faisal-Fani ini sedikitnya merupakan karakter Fav mb Didiwalker ini karena mungkin sedikit merefleksikan dirinya di dunia nyata hue he.

Masih update setiap Rabu pk. 22.00 WIB.

Mungkin satu catatan dari saya soal ini: kalau kosan 95 update on time itu adalah sebuah keajaiban hahaahahhaha, karena sering banget telat 2 jam, paling lama 12 jam….. yaaaaaaaa setidaknya mb authornya update lah ya.tapi saya juga paham sih kenapa telatnya. Yang berbeda dari komik ini, hampir setiap balon teksnya berwarna dan ini menunjukkan warna dari karakternya (dan tentu saka ini menguras waktu buat ngedit) makanya udah biasa kalo komik ini terlambat update. Soalnya Ada pembaca yang pernah ngeluh soal penggunaan warna di balon teks. Tapi sebenarnya membantu lho penggunaan warna ini, apalagi buat yang tidak terbiasa baca komik, ini membantu untuk mengetahui siapa yang sedang berbicara. Kalau misalnya balon teksnya putih, berarti dia cuma mob atau sampingan. Apalagi pembaca Indonesia termasuk yang rewel sama karakter cowok tampan. Kosan ini kan banyak banget. Lah Sembilan aja dikritik kok katanya kurang tampan. Kalo buat saya justru dia semacam oasis di tengan lautan makhlul tampan 2d, apalagi karakternya unik dan nyeleneh. Hue h he.

2. Born From Death

Sebenarnya saya baca ini sejak masih di season 1 dan gambar ceritanya masih kelam dan serius. Kalau sekarang sih… banyakan lawak….. kebanyakan malah. Tapi gapapa sih soalnya sekali serius serius banget sampe bisa di tahap rada mual.

Kalau ditanya karakter favorit siapa? Hmmmmm

Hmmmmmmm

Hmmmmmmmm

Susah. Ga bisa nentuin. Karena sama seperti kosan 95, karakternya unik semua, apalagi yang Karakter laki-lakinya sih. Tapi kalo dari polling terbaru author, karakter(isasi) terfavorit jatuh pada Cicak alias Gecko alias …… sebenarnya dia karakter sampingan sih asalnya. Tapi entah apa ya g ada di pikiran Hamsthor (julukan lain author tan feli), si cicak rese tapi salah satu undead terkuat ini justru malah ikut nirmala dkk. Cicak ini pemalas tapi tetap peka sama sekitar, gak kayak petra atau surya yang masih sering gampang terpelatuk.

Kalau mau menggambarkan kelakuan cicak, silakan cek ini

Seringkali selama baca ini komik….. dan setiap liat cicak satu ini…. saya keinget tokoh dari game ダウトsatu ini

Iya si yokoyama. Tapi kelakuannya masih jauuuuuh lebih baik cicak daripada yokoyama.

Buat yang belum tahu, ceritanya tentang undead, yang kuat dan tidak bisa menua. Undead merupakan manusia yang telah dibangkitkan dari kematian yang telah mengikat ‘kontrak’ dengan ‘kematian’. Untuk bertahan hidup mereka harus membunuh Jinn (salah satu mahkluk yang ada di dunia Sarpa), tapi bukan Jinn biasa, yang mereka bunuh adalah Jinn gila yang ada di alam Fana alias dunia manusia. Undead sendiri hanya bisa bertahan hidup dengan membunuh jinn gila karena jatah mereka hidup hanyalah 7 hari. Dengan membunuh 1 jinn gila, maka waktu hidup undead otomatis nambah 7 hari. Kalo misalnya mereka berhasil membunuh 4 jinn gila di saat yang bersamaan, maka nyawa mereka juga nambah 28 hari. Kalau misalnya dalam sisa waktu tersebut tidak membunuh jinn undead akhirnya akan benar-benar mati. Selain itu…. apabila undead diserang manusia/undead lainnya juga bisa aja mati kalau terbunuh.

Tapi barangkali, ini merupakan salah satu komik yang penggunaan bahanya sangat tidak baik alias banyak istilah binatang dan kata kata kasar yang keluar. Kenapa saya tetap baca meski tidak suka kata kasar? Karena di webtoon ini kata kata kasar justru jadi penyegar ceritanya di kala harus baca serius adegan bunuh-bunuhan atau spionase. Kadang saya sampai lupa kalau cerita ini sebenearnya mengerikan, namun karena banyaknya lawakan yang hanya pembaca pahamo, tingkat kengeriannya cukup menurun sih

Dari gambar ini ceritanya udah rada jauh sih (saya ga akan bilang ini chapter berapa) tapi ini juga termasuk cerita yang baiknya dibaca dari awal secara maraton. Kalaupun misalnya ga tahan sama awal cerita yang suram, baiknya baca setelah chapter 20 season 1.

Webtoon ini tayang setiap Selasa, 22.00 wib

3. Tweening

Salah satu webtoon underrated yang sebenarnya mempunyai cerita menarik. Ini tentang Caroline, mahasiswa asal indonesia yang mengejar mimpinya sebagai ilustrator dan sedang berkuliah di Rouge Academy. Di kampus ini dia ketemu nathan, anak dari komposer terkenal yang kuliah di jurusan musik. Dan ssyududu cerita dimulai!

Caroline

Nathan paling uwu

Buat yang baca ini, mungkin kalian akan merasa familiar dengan Film/Anime/Manga yang judulnya Nodame Cantabile? Semoga ga cuma saya yng berpikir seperti ini. Cewek slebor tapi jenius dan cowok perfek(sionis) yang merupakan anak dari bapak yang jenius di bidang tertentu. Barangkali bisa saya bilang kalau ini heavily influenced by Nodame Cantabile, tapi setidaknya Carol gak sejorok Nodame atau Nathan dengan kelakuannya yang tidak sesuperior dan seperfeksionis Chiaki (Nathan masih lebih supel kalo sama orang dekat) dan ceritanya gak sekompleks nodame (gatau sih apakah nantinya akan sekompleks itu atau nggak).

Ini merupakan salah satu webtoon yang gambarnya konsisten, color tone yang digunakan warm pallete, dan salah satu webtoon yang termasuk menggunakan gambar latar tempat yang paling detail di antara webtoon Indonesia. Kalau kata saya sih wajar, karena authornya juga kuliah di bidang animasi juga makanya hal hal sepele dan mendetail di webtoon ini bisa digambarkan dengan baik.

Saya sendiri sebenarnya mengikuti karya author ini (Amabel atau nypze) sejak dia meluncurkan webtoonnya di challenge yang judulnya…… eerr the Internship kalau ga salah. Tentu saja awalnya termasuk yang berantakan kalau soal gambar, namun menurut saya kelebihan lain dari nypze ialah storyline yang menarik dan tema yang cukup jarang dilirik oleh komikus indonesia. Saya malah baru tau tweening setelah masuk rising star. Kalau dari cerita sendiri, saya sebenarnya lebih suka the internship, tapi karena orang indo pasar terkuatnya romance jadi ya ….. tweening jelas lebih romantis. The Internship lebih nantang sebenarnya tapi ya ga banyak yang baca itu di challenge.

Oke lanjut dulu. Kenapa baca ini meski genrenya romance?

Romancenya ga segiung pasutri gaje. Apa yah….. saya bisa nangkep pesan yang ingin disampaikan sama nypze, terutama soal follow your dreams! Konfliknya juga ga bertele-tele dan tidak ada karakter yang dibenci. Contohnya Claire, dia semacam rival carol buat dapetin hati nathan tapi gak semnyebalkan karakter pihak ketiga seperti di komik/cerita umumnya. Claire ini mau ngobrol sama Carol dan kalau misalnya ada perkembangan, bisa jadi teman baik sebenarnya (tapi saya yakin author tidak punya plan seperti itu… ya entahlah)

Karakterisasinya masih manusiawi dan gak imba lah ya.

Selain itu….. detailnya waw waw waw. Apalagi temanya seni dan ada unsur musik klasik. Udah sih auto favorit hue he he. Tapi ya sayangnya itu sih masih belum banyak yang menotice cerita ini, padahal beuh kece banget!

Nah, alex leia adalah karakter dari the intership juga. Leia awalnya ga gitu ko gayanya. Tapi saya g sekali ga bisa baca the internship lebih lanjut karena nypze menghapus ceritanya. Hue he he.

Kayaknya kalau yang bener-bener favorit hanya ini ditambah Freshmen dari Ciayo (dan juga masuk webtoon favorit 2017).

Tambahan: saya baca the Secret of Angel juga.

Parah sih ini webtoon, gambarnya kecw bet meski sebenernya plot ceritanya biasa aja

SUHO PLS ASDFGJKL

Kalo kata orang dia mirip Siho dari Exo tapi aaya tidak peduli dan ga kepo juga sih ya.

Cerita aslinya sih tentang Jukyung yang memiliki trauma masa SMP karena wajahnya yang buruk rupa, lalu masuk SMA belajar dandan dan criing kehidupan sma pun dimulai

Jukyung pake make up vs ga pake make up.

Keunggulan webtoon ini? Jelas gambar lah. Kece banget. Selain itu, ekspresi Jukyung itu memeable bangetttttt. Sama Suho yang tampan bet wkwkwkkwkw. Selain itu? Ga ada. Paling teknik make up jukyungbisa dipake buat sehari hari.

Hanya saya yang saya bikin mikir dari webtoon ini, emang sma di korea boleh pake make up seribet itu ya? Itu aja sih.

Sebagai penutup, saya kasih list webtoon yang memang masih saya baca sebagai toonderela lol

Senin: Eggnoid, 7 wonder, Virgo and the Sparkling

Selasa: the secret of angel dan we are pharmacist

Rabu: (pasti) BFD, Jajan Squad, My Unknown Husband. (Kalo inget) romance punch, wonderwall, sama Swithced Girl

Kamis: (pasti) kosan 95 (kalo inget) infinite sky, the chosen

Jumat: (pasti) Tweening. Kalau inget , closer

Sabtu kalo inget sih bacanya, paling Age matters (english), si unis, dan the lost harmony

Ahad? Gak ada keknya kalo sekarang.

Oh ps. Setelah webtoon Terlalu Tampan diangkat jadi film, sebenernya saya ga ngarep yang genre fantasy yang diangkat jadi live action. Saya lebih milih yang slice of life atau setidaknya yang ga susah lah ya (alias ga perlu efek lebay) kalo saya probadi yang dijadikan Live action tentu saja Kosan 95, hanya saja mencari cast yang bisa memenuhi keinginan pembaca jelas saja susyah. Ato ngga dari Webtoon playform ciayo! Yang judulnya Freshmen! Itu juga bakal seru cuma ya selera lawaknya ga semua bisa terima sih ya :”)

Yak, sekian dulu! See you next time!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.