Webtoon/Komik Favorit 2020~2021

Waw ternyata sudah 2021...2022 dan saya belom buat rangkuman komik favorit. Masalahnya adalah… komik favorit saya masih ngga berubah sejak terakhir review hiks (justru pada sudah tamat yang koreanya). Yang pasti selera saya masih di isekai shojo (asli susah banget keluar dari sumur isekai)

Hmmm. Kayaknya kali ini saya mau coba kasih list yang memang menurut saya bagus ceritanya, baik yang ongoing maupun sudah tamat. tentu saja, edisi berbahasa Indonesia!

Beberapa aplikasi yang biasa saya pakai buat baca komik

Seperti biasa urutan yang ada di sini bukanlah urutan yang terbaik ya karena mungkin diantara teman-teman juga sudah tahu kalau saya ya masih paling suka itu Born from Death dan Kosan 95 itu bener-bener mutlak saya masih banyak sampai sekarang dan bahkan saya sudah selalu membaca episode terbayar hu Sultan dong. Harusnya saya tulis di bulan Desember 2020/2021 tapi entah kenapa rasanya malas sekali untuk menulis jadi beginilah.

btw: kebanyakan komik yang saya rekomendasikan ditujukan untuk pembaca perempuan ya.

dari situs Webtoons.com dulu ya..

Baby Steps

Baby Steps merupakan webtoon lokal yang dibuat oleh ilustrator komik trickster yang menurut saya itu juga ceritanya menarik. Baby steps sudah tamat pada tahun 2021. atau hanya sekadar cuti karena ceritanya kalau dari saya sendiri ya Kalau lihat dari Kompleks kekompleksan cerita bisa jadi sebentar lagi akan selesai.

Merupakan kisah seorang anak 16 tahun yang tiba-tiba di depan rumahnya ada keranjang yang berisi bayi dan meminta tolong untuk dirawat oleh si anak itu. Anak 16 tahun disuruh merawat bayi? mungkin fenomena seperti ini nyata adanya di masyarakat kita. mungkin ya mungkin ada aja lah yang seperti ini. Hal ini juga didukung dengan karakter utama yang memang tinggal di pedesaan ya Kalau saya bilang mungkin kawasan Cimahi kali atau Bandung coret deh karena ada satu episode di komik ini menceritakan tentang si tokoh utama dan temannya yang namanya Maul dan salah satu guru yang juga membantu pihak tokoh utamanya yang bernama Pak Nata, kalau mereka lagi main ke mall yang paling mewah di Bandung alias Paris Van Java. saat baca itu, saya membatin ‘kenapa mesti PVJ sih? Karen ada ya alternatif yang lebih murah

Ya tapi itu namanya juga komik ya

Oke kita lanjut lagi

Ceritanya Tuh bagus, dalam artian ya kalau jadi orang tuh nggak bisa kita putih atau hitam terus ya pasti orang itu abu-abu. itu yang selalu saya tangkap dari komik ini karena Pia, tokoh utama di sini, tidak selalu dia jadi anak baik-baik. Ada salah satu cerita dia tuh merencanakan semacam “balas dendam”, tapi bukan yang balas dendam menjahati kembali. Tujuannya agar pembuat masalahnya itu sadar kalau tindakan dia itu nggak baik.

Saya suka dari Webtoon ini adalah salah satunya karena ya visual….tapi ceritanya itu memang bagus kok. yang ditekankan adalah mengurus anak itu nggak gampang, jadi orang dewasa itu harus bisa bertanggung jawab dan tidak kabur dari apa yang harus dihadapinya. Selain itu adalah karakterisasi yang abu-abu, lebih manusiawi dan ceritanya lebih masuk akal dibandingkan beberapa komik yang mengangkat tema sejenis.

Cao!

Merupakan cerita tentang layanan ojek daring yang drivernya ganteng banget dan ratingnya bukan bintang lima, tapi bintang tujuh!!! bingung nggak? kayak merek rokok?

Ceritanya sih sederhana sebenarnya ini kayak slice of life sedikit humor ya karena itu Ya namanya juga kehidupan ojek online gitu ya banyak lika-likunya saat menghadapi berbagai penumpang. webtun dengan tema yang sama nih sudah pernah ada sebelumnya itu pada tahun 2016-2017-an dengan cerita yang menyentuh hati. Cao ceritanya lebih ringan dan semacam healing buat pembaca karena Otto ganteng ceritanya tidak bahas topik yang berat.

Apa yang membuat ini menarik? Ya tentu saja karena ceritanya dari awal memang sudah ngelawak ya dan temanya juga nggak serius-serius amat, tidak seperti ojek story apa ya. Saya lupa judul hehehe.

btw tamat bulan Maret 2022

Si Unis

Sebetulnya webtun tentang binatang tuh banyak juga ya, tapi kalau sebelum-sebelumnya yang menyentuh hati karena banyak cerita sedih, kalau ini merupakan kucing kampung tapi memang dirawat sama anaknya dan ceritanya itu rata-rata dibuat berdasarkan sudut pandang kucing. Ya tentu saja namanya juga komik kadang ada yang tidak masuk akal. webtun ini menghibur banget karena lucu, kucingnya juga gendut gemuk gemoi. Alasan saya baca ini cuman karena saya suka kucing aja (haha). Daripada Webtoon yang isinya Romance melulu yang kadang giung, atau yang horornya luar binasa, atau aksi ya. ini juga bisa dibilang kayak semacam memberikan healing effect.agak mirip Cao lah ya tapi ini mah kucing. Meskipun hanya tentang kucing, tapi ini juga punya pesan moral yah namanya juga cerita di Webtoon yang official pasti ada pesan moralnya. untuk babu kucing mungkin akan iri sama Unis soalnya dia baik banget????

I Wanna be U

judulnya kayak yang alay? welp. tapi isinya bukanlah model damsel in distress. Merupakan salah satu Webtoon yang menurut saya paling serius untuk pembaca perempuan dan ceritanya termasuk yang membuat pembaca berpikir langkah apa yang akan diambil oleh tokoh utamanya, Medeia, untuk menghadapi putra mahkota, Iaros, yang licik dan sangat terobsesi dengan posisi teratas. Berawal dari keputusan Iaros yang secara sepihak membatalkan pertunangan dan malah memilih bertunangan dengan Psyche. Medeia pun bertukar tubuh dengan Psyche dengan alasan yang misterius. alasan mengapa mereka bertukar tubuh, cukup rumit. makanya harus baca sendiri supaya tau alasan mengapa iaros membatalkan pertunangan dengan Medeia, dan menguak alasan pertukaran jiwa Medeia dan Psyche. Hampir semua teman-teman saya yang membaca Webtoon membaca serial ini karena memang sebagus itu dan perang taktiknya membuat kita ikut berpikir.

webtoon ini merupakan serial asli, bukan disadur dari novel seperti kebanyakan komik dari korea sehingga pembaca hanya bisa menebak cerita selanjutnya akan seperti apa. sedikit berbeda dengan the abandoned empress yang romansanya memang kental tapi politiknya juga bikin bingung (dan juga memili konsep perjalanan waktu), kalau serial ini, merupakan keadaan “saat ini” para karakter sehingga kalau ada satu kesalahan saja, bisa-bisa tokoh utamanya mati.

Who’s mr president?

webtoon lokal lainnya yang dirilis sejak 2021 dan dibuat oleh ilustrator terlalu tampan. dari gambar dan teknik bercerita, bisa terlihat sekali perkembangan author S.M.S ini. Temanya mungkin bisa dibilang klise? Chiara, anak biasa yang mendapatkan beasiswa ke sekolah super elit dan tiba-tiba langsung menjadi wakil ketua osis? huh? sepintar apa dia? belum lagi ketua osis yag sosoknya masih misterius, kepala sekolah dan pak Nev, wakil kepala sekolah yang super galak dan gak peduli penderitaan siswa (tapi peduli keselamatan mereka). baru juga ditunjuk langsung ada masalah? tenang saja. Chiara anak yang super pintar sehingga dengan petunjuk sedikit saja dia bisa menganalisis sudah sampai mana kejadian yang terjadi di sekolah berlangsung… Untuk misterinya sebenarnya cukup mudah tapi kadang pada pembaca terlalu fokus sama gambarnya sih jadi suka terlewat haha.

Marry Me!

webtun yang diterjemahkan dari komik jepang (Line マンガ) dengan beberapa modifikasi sehingga menjadi format webtoon seperti yang ada di Indonesia. Menceritakan seseorang bernama Akiyasu Shin yang mendapatkan misi rahasia untuk melakukan percobaan mengenai peraturan pemerintah pernikahan dengan NEET (not Employed, Educated, nor Trained(?)) aka pengangguran yang sudah ditentukan. sebagai percobaan, Akiyasu disuruh menikah dengan Himari, seorang lulusan SMP yang bisa dianggap NEET oleh pemerintah. bagaimanakah kisah pernikahan mereka?

sebenarnya saya sudah selesai membaca komiknya versi bahasa Jepang dan ternyata seseru itu! apa ya… setidaknya menggambarkan kalau pernikahan bukan hal yang mudah dan bisa saja cinta muncul karena biasa. 1 hal yang bikin saya sebal: 1 chapter jepang bisa jadi 2-3 chapter di webtoon indonesia. huhuhu. oh iya, komik ini di Jepang sudah tamat dan ada versi drama live action juga!

————-

Selanjutnya dari Kakaopage

Stepmother’s Märchen

merupakan komik adaptasi dari novel yang judulnya sama. Menceritakan Shuli, seorang gadis yang terpaksa menjadi ibu 4 anak yang bahkan anak sulungnya hampir seumuran dengannya, yang mengalami perjalanan waktu ke masa lalu untuk memperbaiki masa depannya. berawal dari “dijual” oleh orang tuanya yang doyan berjudi dan tidak pandai mengatur keuangan rumahnya sendiri dan kakanya yang sama payahnya ke keluarga kaya raya untuk dijadikan istri kedua, dia harus menjalankan amanah suaminya, menjadi kepala keluarga dari 4 anak yang karakternya benar-benar luar biasa.

Alasan saya baca ini: ceritanya tidak selalu sedih, tapi ya gambarnya memang bagus, BANGET. detail dan tone warnanya tidak seperti warna komik korea yang buat saya kadang terlalu mentereng, penggunaan warnanya lembut banget dan terkadang juga membuat saya merinding sebagai pembaca. kalau cerah, cerah yang menenangkan, tapi kalau sedang adegan yang mengerikan, lumayan juga bikin bulu kuduk merinding.

Perjanjian Bangsa Iblis

menceritakan iblis muda yang bernama Yurisina yang melakukan kontrak dengan putri kerajaan bernama “Marien”. Alasan “Marien” melakukan perjanjian kontrak dengan iblis adalah untuk bisa membalaskan dendamnya kepada ibu tirinya yang selalu berusaha membuat “Marien” menerita. (tapi sebenarnya bukan salah ibu tirinya 100% juga, tapi memang “Marien” juga punya karakter yang amat sangat menyebalkan. Permintaan “Marien” kepada Yurisina adalah: “hiduplah dengan menjadi aku dan balaskan dendamku pada ibu tiriku”. lalu petualangan Yurisina sebagai Marien pun dimulai.

sebenarnya ini bisa dibilang genrenya petualangan daripada drama atau romansa karena memang itulah yang aku rasakan selama membaca komik ini. meskipun kalau lihat dari gambarnya sudah jelas pangsa pasarnya adalah untuk pembaca perempuan, tapi kalau dilihat dari isi ceritanya yang lebih menekankan petualangan, komik ini sebetulnya juga cocok untuk dibaca laki-laki. komedinya ada, aksi ada, drama ada, romansa juga ada. saya juga harus mengakui ini komik masih underrated di antara pembaca komik korea di INdonesia. mungkin karena titik berat ceritanya bukan tentang romansa Marien, sehingga terasa membosankan. kalau memang sudah terbiasa membaca komik dengan tema aksi seperti naruto/one piece/attack on titan, maka kalian bisa menikmati cerita di sini.

Virtue of the Villainess

kalau sudah mumet dengan cerita isekai/historical/fantasy yang terlalu njelimet, mending baca ini. isinya tentang Ginger Torte yang membaca sebuah buku yang ternyata merupakan ramalan tentang kisah hidup dia yang berakhir tragis. Ginger yang tidak terima dengan hal itu, langsung berusaha mematahkan semua ramalan yang ada di buku tersebut. untuk itu, dia harus bertemu dengan raja yang baru saja dilantik dan mencegah rivalnya mengetahui tentang keberadaan buku itu.

cerita ini jelas untuk pembaca perempuan. romansanya cukup kental. saya sendiri suka sama komik ini karena ceritanya koplak dan tentu saja, Izana!!! hahahaha. sudah tamat btw..

I’m Stanning the Prince

gimana sih rasanya ketemu dengan pujaan hati? apalagi kalau sebelumnya kamu sudah membuat cerita fanfiksi dengan karakter yang sama dan dinotis orangnya langsung? kalau orang normal pasti malunya minta ampun ya! (hhaahahaha). Angela, tokoh utama cerita ini, tidak sengaja bertemu dengan kembaran dari pujaan harinya dan mendapatkan misi untuk membuat cerita lanjutan dari fiksi yang telah ia buat sebelumnya untuk membersihkan nama pujaan hatinya yang sudah terlanjur dicap buruk oleh rakyat karena dianggap bengis dan sadis (padahal memang iya) agar bisa kembali memperoleh posisi putra mahkota. namun ternyata, sosok pujaan hatinya adalah????

cerita ini menarik sebetulnya. berbeda dengan cerita yang politiknya terlihat rumit padahal itu-itu aja. kalau komik ini justru, politiknya cukup rumit tapi dibalut dengan komedi yang amat sangat kencang. sehingga untuk orang yang malas berpikir ruwet untuk perpolitikan di komik ini bisa skip ceritanya. saya menyadari kalau intrik politik di komik ini sebenarnya sangat kencang itu pas baca tengah-tengah season 1. ternyata selama ini tertipu gambar :””D. btw detail gambarnya juga ok.

ada satu lagi yang menarik dari komik ini. di tengah gempuran adaptasi komik dari novel, komik ini kayaknya hanya sedikit dari cerita asli yang benar-benar asli komik di platform kakaopage (95% komik di Kakaopage berasal dari novel). sehingga kalau mau cari bocoran cerita pun agak sulit karena ya memang tidak ada. sayangnya authornya sedang hiatus karena kondisi kesehatan. jadi untuk saat ini pun saya masih menunggu kelanjutan dari komik kocak ini.


Sebenarnya saya baca banyak, banget komik. di tengah pandemi ini justru berkah sebenarnya untuk mengakses komik /animasi /drama Jepang (maupun korea) ya karena banyaknya yang menjadi penikmat hal tersebut akibat pandemi. kalau dilist pakai goodreads, kayaknya list bacaan saya bisa sampai >60 setahun. tapi ya itu, komik. sementara orang yang main goodreads kebanyakan membuat reviewnya buat buku nonfiksi atau novel. komik ya aada tapi kalau dibandingkan dengan teman saya, yaaa bacaan saya dominasinya komik huehehehe. selain itu, kalau komik jepang saya biasanya sudah langsung baca yang bahasa Jepangnya. kalaupun mau memberi rekomendasi, ya paling harus bisa bahasa Jepang juga.

akhirya bisa dipublish juga :””)

see you on next post!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.