Perangkat Baru, Semangat Baru?

Setelah bertahan selama sekitar 6 tahunan, akhirnya tablet lama saya, Samsung Galaxy Tab A 2016, harus pensiun. Sebenarnya kalaupun saya pakai buat kerja pun sudah tidak terlalu bisa diandalkan dan sudah terlalu tua untuk speknya, tapi masih bisa dipakai kalau hanya sekadar layar kedua atau pengganti perangkat sementara (karena laptop saya pun bisa dibilang sudah cukup tua tapi masih bisa dipakai).

untuk sekarang saya coba review singkat mengenai penggunaan tablet yang baru 1 pekan berada di tangan saya. 10.4 inch, dengan kapasitas baterai sampai sekitar 7000mAh,

Bapak saya benar-benar mempertanyakan alasan saya sebegitu inginnya menggunakan tablet, padahal kalau dari kepraktisan dan multifungsionalnya, masih lebih baik beli laptop baru kan ya. (dan sejujurnya saya masih ngeceng iPad daripada tablet rilisan andorid ya, alasannya sih cuma 1: biar sinkron data HP-Tablet lebih mudah dan ga ribet lagi.). namun memang tidak bisa dipungkiri tiap perangkat dan OS punya kelebihan dan kekuranganya masing-masing (dan memang harus diakui, setelah saya jajaki memang iPad jauh lebih unggul untuk berbagai hal) tpi ya itu. izin dari bos besar aamat sangat susah banget. sekalipun dijelaskan apa kelebihannya tetap no. dealnya? ya Android.

nah sebenarnya paling enak kan ngajar di kondisi pandemi gini ya pake perangkat yang ada pen-nya. yak di sini pun drama masih berlanjut haha. yaa pada akhirnya saya beneran deal-dealan mentok di samsung (lagi). Kalaupun misalnya saya ganti dengan merek huawei (yang juga bagus buat tablet), bapak saya komplain lagi nanti. heuheu. capek juga. jadi setelah diskusi alot (banget) saya akhirnya diizinkan beli tablet.please welcome: samsung Galaxy Tab S6 lite as new daily driver

Apa yang saya rasakan setelah hampir 2 pekan menggunakan tablet ini? sebenarnya ini hampir sempurna untuk dijadikan perangkat kerja sebagai pengganti laptop. apalagi dengan adanya samsung DEX yang bisa digunakan seolah-olah sedang menggunakan laptop yang aslli, ini sangat berguna kalau dipakai multitasking. kalau berdasarkan apa yang saya baca dari review orang lain, awalnya tab S6 lite ini tidak ada fitur ini. tapi bersyukur kalau sekarang jadinya ada.

Tampilan samsung Dex. seperti sedang menggunakan laptop.
tampilan saat multitasking dengan mode Samsung DEX
Tanpa mode DEX. bisa multitasking juga
Tanpa mode DEX, split screen.

Jujur aja, buat saya yang emang kayaknya terakhir beli gadget itu tahun2020, dan itu juga HP, punya tablet baru ini kaya “wooow” gitu. rasanya jadi ingat masa-masa punya netbook yang sempat booming pada tahun 2011an deh. apalagi saya emang pada dasarnya pakai barang elektronik sampai benar-benar rusak ga bisa dipakai sama sekali (i’m looking at you, galaxy tab a 2016 haha). Ternyata saya emang udah mulai merasa gaptek gegara ini.

btw, kerasa banget perbedaan menggunakan samsung DEX dan mode tablet biasa. kalau buat mengerjakan urusan kantor (buat presentasi, atau mengetik dokumen) ini cukup membantu, tapi kalau excel jujur aja, masih lebih enak di PC. ada beberapa fitur yang saya sendiri masih belum begitu paham bagaimana cara kerjanya kalau d tablet jadi… ya kalau berkaitan dngan excel.. mending d PC. nah terus, aku juga coba kan mode multitasking di mode tablet biasa (saat belum ngeh fungsinya samsung DEX tentu saja). asli. karagok wkwkwkwkw. udah gitu malah jadi lebih berat ke tabnya. apalagi saya dari dulu tiap gawe ga akan pernah cuma buka 1 aplikasi. ma di Hp, laptop, ataupun tab. jadi yaa aku baru ngeh alasan orang-orang pada heboh sama samsung DEX ini hueeee. ternata emang cucok meong .

saya tetap menggunakan keyboard eksternal (bluetooth) untuk mengetik pekerjaan saat ini di tablet s6 lite. sebelum pakai si tab A2016 pun sebenarnya saya lebih suka pakai tab buat kerjaan tau cuma sekadar komunikasi. tapi kan ya jaman dulu kan boro-boro online, aplikasi yang bisa dipakai juga terbatas kan. sejak beli keyboard (dan baca-baca review orang) ternyata emang seenak itu kalau buat dipake gawe ngetik-ngetik. lebih praktis aja rasanya.

Tapi ada 1 kekurangan yang cukup membuat orang macem saya yang berniat menjadikan tablet sebagai perangkat utama untuk kerjaan (dan mengakibatkan pengeluaran bertambah buat beli printilan lainnya), yaitu, tab s6 lite ini gak support buat share screen/mirroring langsung pake HDMI. saya juga baru ngeh soal ini setelah barangnya udah di tangan. jengjeng kan. karena ini juga aku kayak “mending beli ipad yang biasa aja sekalian, nambah dikit ato sabaran dikit u get a better one”. tapi karena emang akunya udah greget banget sih. yaaa sudahlah. sayang juga kan baru juga beli masa ga dipake. ya pakai aja sampai titik darah penghabisan. mending buat beli HP/Laptop baru aja.

salah satu kelemahan samsung (android) adalah: ga bisa hapus apps yang ga kepake. ini kayaknya masih ada ya. dari jaman masih pake tab 10 inc yang lawas, ganti ke Tab A2016, dan sampai pake yang sekarang pun masih aja ga bisa uninstall yang gak kepake. sebel aja haehae.

kalau misalnya saya ditannya “apakah samsung galaxy tab s6 lite bisa dipakai sebagai pengganti laptop?” jawaban saya: nope. masih ada beberapa hal yang memang lebih enak pakai laptop kerjaanya. tapi saya akan bilang kalau cuma buat sebagai alternatif untuk mengetik berbagai hal atau sekadar penunjang produktivitas, ini bisa banget. tapi ya asal bukan dipakai buat presentasi dan betul-betul jadi main driver sih ya. tapi kalau buat ngajar online ini masih oke ya. palagi ada S-pen juga yang bisa membantu untuk menulis keterangan keterangan.

saya cukup merekomendasikan ini buat orang yang kerjaannya berkaitan dengan membuuat presentasi/mengetik dokumen tapi malas pakai laptop. (saya gini soalnya HEHEHEHE)

OK SAMPAI ketemu di postingan berikutnya!

2 thoughts on “Perangkat Baru, Semangat Baru?

    1. hahaha tapi sejak dulu juga saya jarang pake mod apk sih. :”””) (walaupun saya tetep nge-mod buat apps yang ga ada di indo aja)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.