Spy x Family: membuat keluarga palsu demi kedamaian dunia!

Setelah sekian lama saya tidak menonton serial animasi yang benar-benar “baru”, saya akhirnya menemukan sebuah serial animasi Jepang (selanjutnya akan saya tulis dengan anime) yang berhasil menarik perhatian dan membuat saya hampir melakukan sesuatu yang dilakukan oleh saya sekitar 13-14 tahun yang lalu, yaitu fangirlingan.

Wibu Jalur Pandemi?

Sebelum lanjut ke perihal Spy x Family, saya ingin menceritakan sesuatu terlebih dahulu. Sebagai orang yang sudah cukup lama menyukai baca komik dan menonton anime, bukanlah hal yang mudah untuk bisa mendapatkan konten komik atau animasi secara resmi di luar negeri, apalagi dengan format digital. Jepang bahkan bisa dibilang cukup terlambat untuk melakukan ekspansi ke luar negeri (karena memang pasar dalam negeri mereka sudah sangat baik) apabila dibandingkan dengan Korea dan China. Jujur saja, kayaknya orang baru benar-benar bisa menikmati konten anime dan Komik Jepang dengan format digital secara resmi itu sejak pandemi covid-19 dan memunculkan istilah “wibu jalur pandemi” di antara netizen Indonesia di sosial media. itu pun masih dengan jumlah yang cukup terbatas (terutama komik).

Jujur saja, untuk baca komik Jepang yang sudah dialihbahasakan ke bahasa Indonesia, jumlah aplikasinya masih amat sangat terbatas (yang saya tahu hanya Manga Plus, itu pun hanya serial tertentu yang terbit dari penerbit Shueisha semacam Naruto, My Hero Academia, Bleach, One Piece). kalau memang bisa berbahasa Jepang, saya sarankan unduh dan baca di Pixiv Comic (sebenarnya saya lebih suka Line Manga tapi sayangnya saat ini aplikasi ini terbatas hanya untuk pengguna yang tinggal di Jepang atau PERNAH install aplikasi tersebut saat di Jepang. Kalau mau nonton anime, sudah banyak alternatif untuk bisa menonton secara legal. Bahkan di Youtube saja ada channel resmi untuk menonton anime seperti Muse Indonesia (untuk takarir berbahasa Indonesia), Muse Asia (takarir bahasa Inggris dan Mandarin), atau Ani-One Asia. untuk aplikasi, bisa saja menggunakan Netflix (dengan periode tayang terbatas). iqiyi, B-station dari bili-bili, WeTV (jumlah terbatas), Viu, atau bahkan dengan menggunakan Disney+ Hotstar (dengan jumlah judul terbatas). Kelemahannya adalah, tidak ada satu aplikasi yang memuat seluruh judul anime yang ada di dunia, sehingga kitanya sendiri harus tahu anime yang kita cari rilis di mana (pengecualian untuk Attack on Titan aka Shingeki no Kyojin, Kimetsu no Yaiba, Jujutsu Kaisen atau anime yang memang layak untuk ditayangkan di berbagai platform.

Kembali ke Spy x Family

Spy x Family (baca: spy family, “x” tidak dibaca) merupakan komik karya Endo Tatsuya yang diadaptasi menjadi anime pada season Spring 2022. komik ini menceritakan seorang mata-mata yang dengan kode Senja (lebih terkenal dengan kode Twilight di antara pembaca Internasional, kode di Jepang: Tasogare (黄昏、makna literal: senja) yang dideskripsikan adalah seorang mata-mata yang ahli menyusup dan menyamar dari Westalis. Pada suatu saat dia mendapatkan misi dengan nama “Operasi Strix” untuk mengawasi Donovan Desmond, seorang politikus dari Ostania yang mengancam perdamaian antara Westalis dan Ostania. Untuk menjalankan operasi ini, Senja diminta untuk berkeluarga, memiliki anak yang bersekolah di “Eden”, sekolah elit dengan tujuan untuk bisa mendekati dan mengawasi tindak tanduk Donovan karena anak Donovan bersekolah di Eden. Demi kelancaran misi tersebut, Senja menjalankan kehidupan dengan nama “Lloyd Forger” (terjemahan resmi: Loid Forger), mengadopsi anak dengan kemampuan membaca pikiran orang bernama Anya, dan menikah dengan seorang pembunuh bayaran bernama Yor Briar. yang membuat ini rumit, semuanya saling menyembunyikan identitas aslinya satu sama lain!

Karakter

untuk karakter, saya hanya sebutkan yang ada di deskripsi awal saja yaa. sisanya saran saya lebih baik baca komiknya!

Loid Forger

Yor Forger

Anya Forger

Donovan Desmond

Donovan Desmond, merupakan sosok yang diincar oleh Loid/Senja. Seorang politikus dari Ostania yang sifatnya sangat dingin dan sepertinya tidak segan melakukan apapun untuk mencapai tujuannya. Memiliki dua orang anak, dengan anak bungsunya yang menjadi teman sekelas Anya (setelah datanya disabotase sedemikian rupa oleh Loid).

Apa alasan kamu menonton Spy x Family?

Jujur aja, alasan awal sampai bisa mengikuti Anime (dan lanjut baca komiknya) adalah karena diskusi random mengenai kode Tasogare yang diributkan di sosial media. pada awalnya, di takarir bahasa Indonesia ternyata diterjemahkan menjadi Senja (yang menurut saya agak aneh di awal tapi ya bagus-bagus aja setelah menonton animenya) sementara mungkin di komiknya sejak awal diterjemahkan Twilight. . . saya tahu alasannya cukup aneh tapi memang seperti itu. setelah saya coba tonton 2 episode… wah ini sih menarik! Komik dengan tema keluarga memang banyak, tapi tidak banyak yang mengangkat kehidupan mata-mata untuk cerita di komik. Apalagi spy x family ini banyak menggambarkan kehidupan dinamika orang tua-anak yang lucu dan kehidupan mata-mata yang berat bukan jadi poin utama penceritaan di serial ini (justru malah lebih banyak komedinya)

Setelah baca komiknya justru rasa sukanya jadi makin meningkat. Loid dan Yor, yang nikahnya resmi tapi benar-benar masih tidur di kamar terpisah ini bikin saya malah makin greget! (mohon maaf ini isinya Cuma perasaan greget saya sama mereka). Kehidupan mata-mata yang memang membuat Loid banyak terlibat sama perempuan saja tidak pernah sampai seribet menghadapi Yor. Apalagi Loid juga terlihat santai (dan beberapa kali kelepasan tidak waspada sama sekali) dengan kehadiran Yor. Dari sisi Yor juga menarik karena dia beberapa kali menunjukkan rasa cemburunya terhadap Loid saat bertemu dengan rekan kerjanya yang perempuan. Selain itu, meski Loid sering dibuat kesal karena tingkahnya Anya yang memang kadang bikin pusing 7 keliling (apalagi Anya sudah mendapatkan 2/8 ancaman DO dari Eden), tapi Loid benar-benar menjaga Anya dari marabahaya.

Selain itu, saya juga baru ngeh kalau Spy x Family menggunakan perang dingin antar Jerman Barat dan Jerman Timur sebagai referensi awal ceritanya. Loid yang dari barat saja sebenarnya sudah berbahaya kan menikah (palsu) dengan Yor yang dari timur. Apalagi mereka berdua sama-sama pentolan dari daerahnya sebagai mata-mata ataupun pembunuh. Jujur aja, saya sebagai pembaca merasa sayang kalau pada akhirnya keluarga Forger benar-benar musnah. Kasihan Anya :”( semoga aja akhirnya bahagia. (mungkin sekalian Loid sama Yor nikah beneran AHAHAHHA kebanyakan baca komik shoujo.

Anime ini juga menarik perhatian banyak orang! Saya tau sudah sedikit lah teman seumuran saya yang nonton anime, tapi Spy x Family ini beda. Saya sampai lihat berbagai update-an teman di sosial medianya setidaknya membahas Spy x Family ini, entah ceritanya, potongan adegan yang mencolok, atauu memang dari awal sudah mengikuti spy x family. Meskipun memang bukan buat anak-anak (karena ada adegan kekerasan), tapi ini adalah salah satu anime/komik yang layak untuk dibaca karena ceritanya memang bagus.

Alasan lain mengapa kamu benar-benar merekomendasikan ini?

Selama saya nonton anime ataupun baca komik, baru kali ini menemukan situs resmi yang memberikan gambar untuk digunakan sebagai foto profil di sosial media, gambar promosi yang boleh dibagikan, GIF dari episodenya (yang tentunya digunakan dengan bijak dan tidak untuk dikomersilkan), https://spy-family.net/#tSpecial tapi tidak tahu juga kalau untuk serial lain soalnya saya jarang mengulik situs resmi ataupun akun resmi sosial media dari serial animasi sebelumnya. Semenggemaskan itu!!

Lagu yang dipakai untuk opening dan endingnya juga seru! Kalau opening tergambarkan haosnya kehidupan Anya, endingnya sungguh calming banget (dan yang dipakai buat versi animenya menurut saya sepertinya menggambarkan kehidupan Loid ya. Kita juga bisa dengar komentar dari pengisi suara aslinya di spotify!!! Kalau bingung harus ke mana, sudah buka saja situs https://spy-family.net ! di sana ada semua!!

Coba tonton ya! Meskipun kamu belum pernah nonton Anime, kali ini saya benar-benar kasih rekomendasi yang ok banget di tengah gempuran anime dengan tema aneh! Spy x Family benar-benar seru untuk ditonton tanpa harus baca komiknya terlebih dahulu!

 Oh ya, saking terkenalnya serial ini, Loid Forger sampai jadi Cover belakang untuk majalah Anan (majalah terkenal di Jepang)

Sampai ketemu di postingan berikutnya!

One thought on “Spy x Family: membuat keluarga palsu demi kedamaian dunia!

  1. Kayaknya bukan telat, tapi emang kalau Jepang mah karena fokus di domestik aja udah untung, buat apa ekspansi ke luar. Kayak industri anime. Tapi emang pas pandemi, saya pernah baca, baru di 2020 profit internasional anime jadi lebih gede ketimbang di Jepang. Makin banyak platform streaming yg nambahin koleksi animenya, kayak Disney yg padahal punya industri animasi sendiri.

    Saya pembaca manga Spy x Family, udah yakin juga kalau ada adaptasinya pasti bakal oke, dan masih dibuat amaze aja pas nonton soalnya di atas ekpektasi.

    Sempet ngikutin yg kasus Senja itu, saya sebenarnya yg pro. Secara bahasa ya bener, Twilight juga kan terjemahan harfiah dari Tasogare. Mungkin karena kesan istilah Senja itu yg belakangan emang rada ada peyorasi jadi kesannya agak gimana gitu.

    Mungkin karena saya berpengalaman pernah di jalur streaming ilegal dengan fansub ga jelas, jadi ya nyaman2 aja hihi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.