Kematian yang membuat saya iri…

Saya rasa postingan kali ini bakal mengandung bawang. tapi saya greget dan mungkin ini sesuatu yang sebenarnya adalah jawaban dari pemikiran saya yang “kok bisa ya sampai segininya???”

Keluarga Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, saat ini tengah berduka karena anak sulung beliau, Emmeril Kahn Mumtaz, meninggal dunia karena tenggelam. Tetapi, ada sesuatu yang menarik dari duka ini. Tidak hanya keluarga saja yang berduka, tapi rasanya hampir seluruh Indonesia, bahkan sampai orang di luar negeri pun turut berduka dan turut mendoakan Eril, sapaan akrab almarhum, untuk segera ditemukan jasadnya pada masa pencarian dan banyak sekali orang yang berharap agar ia segera pulang ke Indonesia.

Bagi yang mengikuti sosial media bapak Ridwan Kamil (pak RK) dan Istrinya, ibu Atalia Praratya (yang dikenal publik dengan Bu Cinta), pasti tahu update berita hilangnya Eril dan bagaimana usaha Ridwan Kamil setiap harinya mencari anaknya setiap hari selama berada di Swiss. Tetapi ada sesuatu yang menggelitik saya. Eril ini siapa sih sebenarnya? Saya memang sudah lama tahu kalau Eril adalah anak Ridwan Kamil yang usianya sama dengan adik saya (karena sekolahnya kebetulan bersebelahan dan cuukup heboh di kalangan teman-teman ibu), salah satu saudara sepupu teman di kampus, hanya itu saja. Tapi siapa sih sebenarnya dia? Mengapa banyak sekali orang yang mendoakan Eril? Padahal Eril kayaknya hampir tidak pernah mendapatkan sorotan media karena memang jarang update di sosmed dan memang anaknya tidak pernah membuat tindakan yang membuat pencari berita menyoroti aksinya. tapi kok ya banyak yang mendoakan dia? ini membuat saya iri…. Setelah sekian kali saya mendapatkan berita tentang kematian orang dekat maupun publik figur, untuk kali ini saya benar-benar iri dengan kematian seseorang.

Mengapa saya seiri itu? Dari pertama kali berita tentang Eril bertebaran di sosial media, saya langsung turut bersedih dengan hilangnya Eril. Saat saya mencari tahu perkembangan berita tentang Eril pun, banyak sekali orang yang turut mendoakan agar Eril segera bertemu. Apakah karena Eril anak seorang gubernur? mungkin salah satunya itu. Tapi rasanya kalau memang karena anak gubernur , saya rasa tidak segitunya. apa ya… ada sesuatu yang membuat saya terhipnotis untuk turut mendoakan Eril. saya juga turut bersedih dan kadang sampai air mata pun jatuh tanpa sadar setiap kali melihat berita tentang Eril. padahal siapalah Eril. ただのジャワ州長 の息子って…わたしにとってそれだけですが、どうしたんだろう?mengapa rasanya benar-benar sesak? saat mendapatkan info teman saya meninggal juga… jelas sedih. tapi itu wajar kan karena dia memang teman yang memang saya tahu teman saya ini anak yang baik dan bagaimana perjuangan dia sampai akhir hayatnya. lah ini?? Gimana saya tidak iri, sampai-sampai membuat saya iri dan kembali berpikir, kalau suatu saat nanti saya meninggal, apakah akan banyak orang yang mendoakan saya dalam hal baik? atau justru akan banyak yang menghujat saya? tentu saja, saya berharap banyak orang yang mendoakan hal baik untuk saya saat saya meninggal nanti. saya juga pernahh menuliskan keiirian saya di twitter pribadi saya:

sebuah pernyataan keiirian saya terhadap Eril di twitter pribadi saya.

dan salah satu jawaban dari salah satu senior saya semasa sekolah juga membuat saya turut berdoa semoga saya dan tetehnya bisa membesarkan anak seperti pak RK dan Bu Cinta.

jawaban yang benar-benar membuat saya juga iri terhadap Eril.

Tentu saja hal ini membuat saya bisa mengambil kesimpulan… kalau Eril ini benar-benar disayang Allah. Saya juga salut dengan bagaimana bu Cinta dan Pak RK berusaha tegar dan ikhlas menerima kenyataan bahwa Eril sudah pasti berada di bawah perlindungan Allah. WOW.

tapi tetap saja itu belum menjawab kok bisa ya Eril sampai segitunya? maksud saya, banyak yang mendoakan. saya juga bertanya-taanya apa sih amalan rahasia Eril sampai-sampai bisa membuat semua orang yang membaca berita tentang Eril ini tergerak untuk mendoakannya? dan akhirnya pertanyaan saya terjawab melalui postingan instagram @quranreview berikut.

Apalagi di sosial media juga bertebaran kesaksian tentang kebaikan Eril saat masih hidup yang akhirnya terkuak. Masya Allah. Eril, kamu mungkin memang lebih muda daripada saya, tapi amalan baik yang selama ini kau sembunyikan dari semua orang benar-benar sudah kau persiapkan lebih jauh dan dengan amat baik untuk pulang ke tempat yang abadi. Tayangan instagram @quranreview ini benar-benar menjawab pertanyaan saya dan lagi-lagi membuat saya iri, untuk kesekian kalinya, saya mendapatkan berita orang yanng meninggal insya allah syahid.

Innalillahi wa innailaihi rojiun. Allahummagfirlahu warhamhu wa’afihi wa’ fuanhu. insya allah husnul khotimah ya, Eril.

bahkan sampai akhir hayatmu masih juga bisa memberikan pelajaran bagi semua orang ya…. Terima kasih sudah memberikan pelajaran hidup yah, Eril.

Semoga saya dan yanag membaca postingan ini pun, nanti bisa meninggal dalam keadaan husnul khotimah dan baik… aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.