Sedikit berbicara mengenai Jokes Bapak-Bapak

Pernahkah mendengar istilah lelucon bapak-bapak?

Saya rasa ini bukan istilah yang asing (mungkin) karena terkadang disebut juga dengan jokes bapak-bapak/dad jokes dalam bahasa Inggris/Oyaji gyagu dalam bahasa Jepang (tetap memasukkan bahasa Jepang ya). Ciri khasnya apa sih? Biasanya yang buat bapak-bapak, bapak yang buat sendiri, bapak juga yang tertawa sendiri, sementara orang yang baca (kalau dalam bentuk teks) atau mendengar langsung belum tentu tertawa. Istilahnya mah receh. Tidak ada format tertentu. tapi kalau gak salah ya, biasanya memanfaatkan akronim/singkatan/persamaan bunyi, tergantung orang dan budayanya. Kalau di Jepang, biasanya memanfaatkan persamaan bunyi yang kadang disebut juga dengan dajare. Ini bakal dibahas kapan-kapan kalau sempat yaaa.

Nah, kebetulan bapak saya ini suka banget membuat singkatan/akronim gak jelas kalau di Whatsapp atau jalan-jalan sama orang rumah. Isinya kebanyakan garing alias nggak lucu. Kami juga kadang terlalu lelah buat menanggapi lelucon garingnya. Sering juga terjadi kalau lagi berbicara langsung, Tapi sejak saya belajar tentang humor, sebenarnya jokes bapak-bapak itu lucu kalau momennya tepat. Pada akhirnya memang berkaitan dengan perasaan yang menggelitik setiap orang yang berbeda.

Mungkin kalian ada yang penasaran sebapak-bapak apakah lelucon yang dibuat oleh bapak saya? Silakan cek kumpulan chat kalau bapak saya lagi random. (silakan klik salah satu gambar, lalu geser fotonya biar bisa terbaca). Btw: beberapa contoh random percakapan yang ada konten macam jokes bapak-bapak selalu saya post di sini.

Sebenarnya, meski saya sering semacam “apaan sih…” pada saat baca/mendengarkan guyonan bapak yang memang jokes bapak-bapak banget, saya suka iri. Kok bisa ya berpikir secepat itu membuat singkatan. Kalau memang singkatannya bagus, singkatan random buatan bapak saya bahkan dipakai juga sama orang serumah. Biasanya kami akan menggunakan istilah tersebut kalau berkaitan dengan makanan.

 Sebenarnya, di Instagram juga ada akun yang suka share jokes-jokes lucu yang berkaitan dengan kehidupan bapak-bapak, nama akunnya @bapak2id. Awalnya saya follow mereka karena video mereka pada tahun 2020 karena kalau bikin tebak-tebakan gambar benar–benar menunjukkan lawakan bapak-bapak. namun ternyata mereka juga suka memberikan tips yang ok juga nih buat saya yang masih di tengah galaunya hidup (ceileh).

Nah pertanyaan saya untuk yang membaca ini: apakah bapak/suami/Anda sendiri suka membuat jokes bapak-bapak tanpa disadari? Mungkin boleh berbagi dengan saya di kolom komentar.

 

See you!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.