Spy x Family Code: White, The Movie-Sebuat Tinjauan Manasuka oleh Zahra

Hall-ow!

Kembali lagi saya, Zahra, dengan sisi otaku-nya.

Kali ini saya mau bahas film yang kalau di Indonesia sudah selesai tayang, tapi di Jepang masih mejeng di bioskop. Yap, sesuai judulnya, kali ini saya akan tinjau manasuka film animasi favorit saya di tahun 2023.

SPY X FAMILY CODE: WHITE

buat yang belum tahu serial ini, barangkali bisa cek postingan saya sebelumnya di sini dan alasan mengapa saya begitu suka dengan serial ini ya.

Sinopsis (terjemahan manasuka saya) untuk film perdana Spy x Family yang disadur dari situs resminya:

Ini adalah masa ketika setiap negara di seluruh dunia terlibat dalam perang informasi yang sengit di balik layar.
Loid Forger, atau “Twilight”, salah satu agen mata-mata terbaik Organisasi WISE dari negara Westalis, ketika sedang menjalankan misi STRIX mendapatkan informasi bahwa penanggung jawab misi STRIX akan diganti. Tetapi, orang yang dipilih sebagai pengganti Loid adalah orang yang sangat tidak kompeten.

Pada masa itu pun di sekolah Eden, terdapat praktik memasak yang digosipkan bahwa pemenangnya akan mendapatkan penghargaan stella. Demi kemajuan operasi STRIX meski hanya sedikit, dan juga menjaga perdamaian dunia, Loid yang mengetahui makanan kesukaan kepala sekolah, yang menjadi salah satu jurinya, menyarankan Anya untuk membuat kue tradisional “Mere-mere” yang berasal dari Frigis. Keluarga Forger pun pergi berlibur ke Frigis demi memastikan rasa otentik kue tersebut. Di sisi lain, Yor tidak sengaja melihat Loid sedang berbicara dengan perempuan misterius sebelum perjalanan liburan mereka dimulai. Karena hal tersebut, perjalanan liburan keluarga ini berlangsung dengan perasaan yang tidak nyaman.

Di tengah perjalanan liburan itu, Anya melihat koper yang mencurigakan di kereta, yang entah mengapa di dalamnya berisi coklat. Saat ia bertanya-tanya dengan isi tas tersebut, tiba-tiba pemilik koper itu muncul. Anya yang terkejut dengan kehadiran mereka tidak sengaja memakan cokelat tersebut. Tapi ternyata, di dalam cokelat tersebut terdapat sebuah informasi yang sangat penting dan dapat mengganggu perdamaian dunia!?

Setelah itu pun, muncullah deretan kejadian yang berlangsung selama perjalanan. Nasib dunia lagi-lagi berada di tangan keluarga palsu ini.

Terdengar familiar? welp….

hehehehehehehheheheh

Alasan mau nonton film ini?

tentu saja karena ini spy x family! apa lagi?

Tapi kalau saya pribadi, sebenarnya karena salah satu iklan promosinya yang berhasil mengguncang jiwa shipping saya terhadap Loid dan Yor :””D

SALFOK SIH

SIAL KAU EGUCHI TAKUYA. SUARAMU DOANG YANG TAMPAN, KELAKUANNYA NGGA :<

"YORU SAN, BOKU JA DAME DESUKA??" (Yor, kamu merasa kalau aku saja tidak cukup?")

TTEE

AAAAAAAAAAAAAAAAA/

Welp, maafkan tapi ini beneran pemicu saya buat MAU BANGET nonton, meski tahu akhirnya akan menjadi seperti apa ya.

Tapi ya, kalau misalnya serial ini dibuatkan film tahunan seperti Detective Conan, saya sih ya tetap nonton setiap tahun dong.

Kesan Zahra setelah nonton ini?

Mari kita mulai.

1. Saya, gagal fokus dalam, berbagai artian.

saya kan sebenarnya nonton ini 2 kali. Yang pertama, saat saya masih di Jepang, yang kedua, H+5 saya pulang ke Indonesia.

salah fokus saya pas di Jepang: alergi kucing saya KUMAT, sampai-sampai meski pakai masker baru pun, saya tidak bisa untuk tidak bersin-bersin. Kalau kalian pernah baca atau lihat di sosmed perihal tata-titi kehidupan sosial mereka, WELP. ITULAH YANG AKAN SAYA BAHAS DI SINI.

Nonton film di Jepang, itu HENING BANGET. BAHKAN SUARA ORANG MENGUNYAH POPCORN AJA BISA MENGGANGGU PENONTON DI SISI KANAN-KIRI. mau gerak pun serba salah. Masalahnya, saya tidak menyangka kalau suhu dingin di luar bisa memperparah alergi saya. Selama di Indonesia, kalau bersin-bersin ya udah biasa alias aku pasrahkan semuanya kepada Yang Maha Kuasa + Mata bengkak. NAH DI JEPANG????? WAJAH PUN SAMPAI MEMERAH DAN BENGEP BANGET. Mata-hidung-pipi saya merah+ menjadi sipit dan gatal-gatal. Saya baru sadar kalau wajah saya semerah dan kondisinya separah itu pas selesai nonton film dan langsung ke kamar mandi. . Saya gagal fokus karena memang harus bisa menahan bersin dong selama nonton sampai-sampai NANGIS. Teman saya yang barengan nonton pun kan sampai bingung. Ini kan film lawak, si Zahra kok nangis sih?? YA KARENA MENAHAN BERSIN DAN INGUS :”D makanya nontonnya jadi tidak syahdu.

Nonton di Indonesia: saya terkejut dengan kondisi bioskop di PVJ. selain itu, saya tersesat (kesekian kalinya) hanya untuk mencari mushola yang LOKASINYA AMIT-AMIT DI POJOKAN DAN DEKET TOILET TERBUKA SEMUA. huhu. Kan ga bisa dari awal banget ya (untung masuk pas baru mulai dikit filmnya). Tapi saya kagetnya karena ternyata lumayan banyak yang nonton di bioskop (buat saya, nonton film anime di bioskop Indonesia dengan jumlah penonton >10 adalah banyak, apalagi kalau di hari biasa).

2. Plot cerita secara keseluruhan mengingatkan saya dengan….

Detektif Conan edisi film, film manapun.

Bom, kasus (meski ga selalu pembunuhan), segala sesuatu ada di tangan tokoh utama (welp ini sih di film apapun ya saya rasa), ledakan, dan berbagai hal lainnya, termasuk HAL-HAL YANG MELAWAN ILMU FISIKA dan tidak masuk akal.

Meski diselingi dengan tingkah konyol Anya, Franky yang dibikin ribet sama Loid yang kurang berterima kasih padanya, Bond yang tetap lucu, Yor si superhuman, maupun Loid si selalu curiga, tetap saja, saya setelah menonton film ini dengan syahdu, otak saya berpikir: ini aku lagi nonton Conan atau Anya sih??? Tapi ya tetap bisa dinikmati oleh siapa saja, termasuk bagi yang belum pernah menonton spy x family sama sekali ya.

3. Bela-belain nonton Spy x Family di Jepang hanya demi…

Bonusan filmnya

dokumentasi pribadi Zahra

Saya sebenarnya baru tahu kalau nonton di bioskop Jepang bisa dipastikan bakal dapat “hadiah”. GIMANA YAAAAA SOALNYA NONTON DI JEPANG KAN MAHAL MASA GA DAPAT BONUSAN SIH /HEH.

Saking larisnya film ini, sampai-sampai ada 3 batch buat bonusannya

Bonus batch pertama: file film yang digambar langsung oleh Endou-sensei. Terbatas untuk 4.000.000 penonton pertama di seluruh Jepang
Bonus buat batch kedua: kartu ilustrasi AR Anya yang digambarkan khusus oleh Endo-sensei. ada QR Code yang bisa mengakses file tertentu. Terbatas untuk 500.000 penonton di seluruh Jepang
Bonus batch ketiga: set stiker spy x family. terbatas untuk 300.000 penonton.

JUJUR AJA KALAU TAU BONUS BATCH KETIGA ADALAH STIKER SET YA AKU MAU NONTON LAGI. (tapi pada saat itu keuangan saya sudah sangat tidak sehat jadi ya sadar diri laaah)

Bonus batch pertama ini kece sih sebenarnya karena ada spoiler cerita juga.

4. Saya lihat Loid, jadi keinget pula lah saya dengan agen paling sombong di jagat Detektif Conan

yap

siapa lagi kalau bukan

yes.

FURUYA REI AKA AMURO TOORU AKA BOURBON

kebayang ya harus menjalankan berbagai misi sambil menjalankan kehidupan palsunya.

CAPEK GA SIH.

aku kebayang sih kalau misalnya Amuro dapet misi harus nikah ya, kayaknya bakal 11-12 dengan Loid (dalam kasus ini Azusa dari Poirot)

jadi, kamu yang asli tuh yang manaaaaa?

5. Tidak menyangka kalau salah satu pengisi suara di film ini ada…

TAKEUCHI SHUNSHUKE!

TAKEUCHI SHUNSHUKE!

TAKEUCHI SHUNSHUKE!

KALAU GA TAU SIAPA DIA, PERNAH NONTON GUDETAMA?

DIA YANG MENGISI SEMUA TELUR DAN OLAHANNYA DI SERIAL GUDETAMA.

saat orang lain ada yang (mungkin) salah fokus dengan Kaku Kento, saya yaaa…dia.. Soalnya mungkin ini pertamakalinya saya nonton anime full yang ada dia. (biasanya bukan mengisi anime macem ginian sih).

Cuma dikit pula tapi ya keren sih. sesuai ekspektasi!

6. Loid pakai seragam SSS

teman saya sampai bilang: kalo yang pakai seragam Halodeknya Loid sih… mau /heh

ada di poster trailer kok.

7. film populer di jepang pasti bakal ada kolaborasi visual ya

Seperti Conan dengan The Avengers. Spy Family???

Kolaborasi visual dengan STREET FIGHTER???
Kolaborasi visual dengan Mission: Imposibble Dead Reckoning Part One???
Kolaborasi dengan Wish

Dari semua ini, kalau sampai benar-benar ada kolaborasi komik spesial oneshot spy x family dan Street Fighter, seru kayaknya. Siapakah yang akan menang kalau Chun Li melawan Yor?

Kesimpulan (?)

saya sih kalau ditanya apa kesan kamu terhadap film ini:

BOND YANG NGASIH PERINGATAN KE ANYA/100

alias, mau nonton lagi demi melihat Bond.

Seru sih tapi kayaknya film ini akan lebih oke kalau nontonnya di 4DX. DI Indonesia ada kok ini TAPIIIIIIIIII sayang sekali jadwalnya nggak pas sama kerjaan saya. jadi bye bye :””D

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.